by

Penjaga Pantai Itu Kini Jadi Presiden Amerika Serikat

Depokrayanews.com – Politikus Partai Demokrat Joe Biden memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020. Bagi Biden ini merupakan pencapaian tertinggi dalam karier politiknya.

Joe Biden merupakan penantang kuat bagi calon petahana Donald Trump dari Partai Republik. Dalam Pilpres AS yang berlangsung pada 3 November 2020, perolehan suara elektoral Biden menembus 270 setelah menang di Pennsylvania dan Nevada.

Dengan demikian, Biden akan tercatat sebagai presiden ke-46 dalam sejarah Amerika Serikat setelah dilantik pada Januari 2021.

Sebelum maju sebagai kandidat presiden AS, Biden pernah menjabat posisi wakil presiden saat mendampingi Barack Obama selama 8 tahun (2009-2017).

Pria bernama lengkap Joseph Robinette Biden Jr lahir pada 20 November 1942 di Kota Scranton, Pennsylvania. Dia dibesarkan oleh keluarga penganut Katolik Irlandia, dari ayah seorang penjual mobil.

Saat kota itu mengalami masa sulit pada 1950-an, ayah Joe Biden kehilangan pekerjaan. Dia lalu memboyong keluarganya pindah ke Delaware, saat itu Biden berusia 10 tahun.

Biden muda pernah bertugas sebagai penjaga pantai di lingkungan mayoritas berkulit hitam. Dia menempuh pendidikan di Universitas Delaware dan Sekolah Hukum Universitas Syracuse.

Saat berusia 29 tahun, Biden terpilih sebagai anggota termuda dalam senat Amerika Serikat. Sepakan setelah terpilih, Biden dihinggapi berita duka, istrinya Neilia Hunter dan anak perempuannya, Naomi, meninggal dunia dalam kecelakaan mobil. Sedangkan anak laki-lakinya menderita luka sangat parah.

Biden dilantik sebagai anggota Senat Amerika Serikat di samping tempat tidur anak-anaknya. Dia memulai aktivitasnya sebagai senator dengan berangkat ke Washington menggunakan kereta api.

Pada 1977, dia menikah dengan Jill Jacobs, seorang dosen di Washington DC. Jill dan Biden memiliki seorang anak yaitu Ashley.

Selama 36 tahun menjadi senator asal Delaware, dia sebagai sosok yang penting, baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai ketua atau anggota Komite Kehakiman Senat selama 17 tahun, Biden secara luas diakui kehebatannya pada isu peradilan pidana termasuk dalam kasus The Landmark 1994 Crime Bill dan kekerasan terhadap perempuan.

Sebagai ketua atau anggota Komite Hubungan Luar Negeri sejak 1997, Biden memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan luar negeri AS. Dia berada di garis depan isu dan regulasi terkait terorisme, senjata pemusnah massal, pasca-Perang Dingin Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya.

Berbekal pengalaman politiknya sebagai senat maupun wakil presiden, Biden maju sebagai capres dari Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2020 berhadapan dengan petahana Donald Trump dari Partai Republik.

Profil Joe Biden

Nama lengkap: Joseph Robinette Biden Jr

Tanggal lahir: 20 November 1942

Tempat lahir: Scranton, Pennsylvania

Afiliasi politik: Partai Demokrat

Istri: Neilia Hunter (meninggal dunia), Jill Jacobs (sekarang)

Anak: Joseph R. Beay, Robert Hunter, Naomi (meninggal dunia), Ashley B.

Karier politik

Anggota Senat Delaware (1970-1972)

Ketua Komisi Hukum Senat (1987-1995)

Ketua Kaukus Kontrol Narkotika Internasional (2007-2009)

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Senat (2007-2009)

Wakil Presiden Amerika Serikat Ke-47 (2009-2017)

Sumber:inews

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *