by

Penjelasan Jokowi soal Rencana Kenaikan Harga Pertalite

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara soal rencana kenaikan BBM subsidi jenis pertalite yang jadi sorotan banyak pihak.

Menurut Jokowi, kebijakan itu harus diputuskan dengan hati-hati karena akan berpengaruh terhadap masyarakat.

“Jangan sampai kenaikan pertalite itu berdampak pada penurunan daya beli, lonjakan inflasi, hingga pertumbuhan ekonomi,” kata Jokow di Taman Mini Indonesia, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022

“Ini menyangkut hajat hidup orang banyak jadi semua harus diputuskan dengan hati-hati dihitung dampaknya jangan sampai menurunkan daya beli, konsumsi rumah tangga, menaikkan inflasi yang bisa menurunkan pertumbuhan ekonomi semuanya saya suruh menghitung betul sebelum diputuskan,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan keputusan atas rencana kenaikan harga BBM berada di tangan Jokowi.

Yang pasti, Luhut menegaskan, pemerintah tengah menyusun skema penyesuaian harga demi mengurangi beban subsidi.

“Pemerintah masih menghitung skenario penyesuaian subsidi dan kompensasi energi dengan memperhatikan dampak terhadap masyarakat. Langkah yang disimulasikan termasuk skenario pembatasan volume,” kata Luhut Minggu 21 Agustus 2022.

Ia memastikan pemerintah akan berhitung dengan sangat hati-hati. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *