by

Penjelasan Universitas Global Jakarta Soal Adanya Dugaan Perpeloncoan Mahasiswa Baru di Bogor

Depokrayanews.com- Pihak Universitas Global Jakarta (UGJ) sudah melakukan investigasi secara menyeluruh terhadap video peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang beredar beberapa hari lalu.

Video itu menggambarkan seolah olah terjadi dugaan perpeloncoan terhadap mahasiswa baru di
Balai Diklat LHK Rumpin Bogor pada 20-22 Oktober 2023 lalu.

Investigasi dilakukan terhadap seluruh panitia, peserta LDKM, dan organisasi mahasiswa (ORMAWA) penyelenggara kegiatan itu.

Pihak UGJ kemudian memberikan penjelasan secara resmi, yang diterima depokrayanews.com, Kamis 9 November 2023.

Humas UGJ kemenyampaikan kronologi proses kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaanya, disebutkan, kegiatan diisi dengan beberapa materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru.

Materi yang dimaksud yakni mengenai pentingnya kekompakan, pengenalan struktur dan fungsi birokrasi, pengenalan etika kampus, pengenalan UKM/ORMAWA di lingkup Universitas Global Jakarta.

Pertama, acara tersebut merupakan kegiatan fun games yang dilakukan mahasiswa untuk memilih ketua angkatan dengan cara mencari lambang atau logo ORMAWA yang dimasukkan dalam lumpur di area sisi outbound buatan disertai dengan menyanyikan yel-yel untuk menilai kekompakan dalam satu kelompok. Metode ini sudah di sepakati atas usulan mahasiwa dan disetujui oleh seluruh peserta.

Kedua, diakhir kegiatan peserta diperbolehkan mengekspresikan kebersamaan dengan mengajak seluruh panitia dan mahasiswa untuk bergabung dalam kegiatan seperti yang berada di video tersebut.

Ketiga, kegiatan LDKM yang berlangsung diawasi dan selalu dimonitor dengan ketat oleh para dosen penanggung jawab masing-masing ORMAWA.

“Jadi bisa kami simpulkan dan tegaskan bahwa apa yang disebutkan sebagai “perpeloncoan” dalam video berdurasi 28 detik narasinya tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya,” demikian penjelasan Humas UGJ.

Pihak UGJ sangat prihatin dan akan menindak tegas setiap bentuk perilaku yang tidak etis dan tidak mendukung dalam suatu komunitas, seperti kekerasan Sseksual, korupsi, intoleransi, dan bullying.

“Keselamatan dan kesejahteraan mahasiswa kami adalah prioritas utama yang kami kedepankan.”

Pihak management UGJ mengimbau bagi seluruh sivitas akademika kampus dan masyarakat untuk bersama-sama menyikapi informasi itu dengan bijak yakni dengan cara mencari kebenaran informasi tersebut di laman-laman resmi kampus Universitas Global Jakarta atau bisa hubungi langsung pihak management UGJ. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *