by

Pentingnya Visi Misi Seorang Caleg

Caleg harus punya visi dan misi yang jelas.
Caleg harus punya visi dan misi yang jelas.

Oleh: Wahyu Permana

DepokRayaneqs.com- Mengapa perlu adanya visi dan misi seorang caleg? Karena sebagai seorang caleg tentunya dia harus memahami apa yang akan dilakukannya saat menjabat nanti.

Pemahaman akan tugas dan kewenangannya tersebut tergambar dari visi dan misi yang ditetapkannya. Seberapa realistis namun memiliki jangkauan ke depan visi dan misi tersebut dibuat.

Visi adalah sebuah tujuan yang ingin dicapai atau dikatakan juga titik akhir dimana harapan dan cita-cita disandarkan.

Visi selalu berisikan nilai-nilai dan harapan-harapan ideal dari seseorang atau sekelompok orang.

Misi sendiri adalah hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut atau cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita dan harapan ideal tersebut.

Visi dan misi memiliki keterkaitan yang sangat erat dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Visi yang ideal dan realistis juga akan memiliki misi yang realistis artinya dapat diimplementasikan.

Beberapa orang mengungkapkan jangakauan dari visi adalah selapis di bawah langit namun sejengkal diatas gapaian tangan.

Hal itu bermakna bahwa memiliki visi haruslah sesuatu yang bernilai dan berharga serta memiliki makna yang besar.

Kalau hanya menyangkut hal-hal yang kecil, remeh dan tak bermakna maka itu bukanlah sesuatu yang dinamakan visi. Namun hal yang besar tadi harus mampu dicapai dan diraih dengan kemampuan yang dimiliki serta bukan sesuatu yang mustahil dan utopis.

Visi dan misi seorang wakil rakyat tentu harus berkaitan dengan kewenangan dan lingkup tugasnya selaku anggota legislatif.

Sehingga harus dipahami dengan jelas apa saja yang menjadi ruang lingkup tugas dan kewenangan sebagaimana yang tercantum dalam ketentuan peraturan perundangan mulai dari yang tertinggi konstitusi UUD 1945 sampai dengan UU dan peraturan pemerintah hingga tata tertib anggota DPR RI.

Secara khusus visi dan misi dari calon anggota DPR RI yang akan memawakili daerah terntentu akan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

Visi dan misi juga menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dengan segala potensi dan peluang yang dimilikinya.

Oleh karena itu sudah sewajibnya setiap calon anggota DPR memahami secara detail persoalan yang dihadapi masyarakat serta mampu menyusun skala prioritas dari penyelesaian masalah tersebut.

Hal ini mengingat keterbatasan yang akan dihadapi baik yang bersifat sumber daya, personil serta waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan semua persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Program kerja sebagai turunan dari visi dan misi adalah implementasi adalah bentuk kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mewujudkan visi tersebut.

Penyusunan program kerja tentunya membutuhkan kemampuan dan interaksi dengan berbagai pihak yang saling terkait termasuk pengelolaan sumber daya yang dibutuhkan beserta target waktu yang harus dicapai.

Melalui berbagai program kerja itulah maka persoalan-persoalan yang dialami masyarakat dapat diselesaikan. Program kerja yang baik tentunya harus dilakukan secara efektif dan efisien serta memiliki dampak positif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Program kerja yang baik dari seorang caleg harus berbasis pada kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Selain itu, program kerja yang baik tentunya mengacu pada kondisi objektif lingkungan strategis yang dihadapi masyarakat baik menyangkut budaya dan kondisi sosial politik yang ada di daerah tersebut.

Oleh karena itu sangat penting dilakukannya proses bottom up atau penyerapan dan identifikasi persoalan dari masyarakat secara langsung untuk mengetahui masalah riil yang dialami masyarakat.

Pola-pola top down yang menggeneralisasi seluruh persoalan sudah tidak bisa lagi dilakukan. Keanekaragaman wilayah di Indonesia sangat besar dengan masing-masing memiliki ciri khas dan tantangan serta peluangnya masing-masing.

Masyarakat yang mengetahui visi dan misi serta program kerja dari seorang caleg tentunya dapat mengkritisi dan menyempurnakannya untuk kebaikan bersama. Sebagai subjek yang menjalani hidup dengan berbagai persoalannya tentunya masyarakat lebih memahami secara detail setiap persoalan yang ada.

Oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi setiap caleg untuk menjadikan masukan dan pertimbangan dari masyarakat untuk memperkaya dan membumikan visi dan misi serta program kerjanya.

Masyarakat juga dapat menilai sejauh mana seorang caleg mampu menjalankan tugas dan fungsinya dari visi dan misi serta progrm kerja yang ditetapkan sang caleg.

Secara sederhana caleg yang berkualitas akan memiliki visi dan misi serta program kerja yang berkualitas pula.

Hal ini merupakan langkah awal untuk menseleksi kemampuan dan kapasitas seorang caleg.

Tentunya diperlukan hal-hal lain yang dapat mensukseskan tahapan berikutnya saat implementasi dari visi, misi dan program kerja yang telah dicanangkan. Perlu juga komitmen, kesungguhan dan kemampuan membangun team work sehingga usaha untuk mencapai sebuah visi dan misi dilakukan secara bersama-sama dan bukan one man show.

Pelibatan masyarakat juga bukan hanya dimaksudkan untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat, namun lebih jauh lagi pelibatannya adalah dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Proses interaksi dan pelibatan masyarakat dengan sendirinya membangun rasa memiliki dan kesadaran untuk melakukan berbagai upaya positif dalam rangka mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat menjadi subjek dari perubahan itu sendiri dan bukan hanya sebagai objek perubahan yang hanya dieksploitasi dan dimobilisasi saat pemilu dilaksanakan.

Proses pelibatan masyarakat dalam melakukan perumusan, penyusunan, dan pelaksanaan kebijakan publik harus dilakukan sepanjang masa dengan intensitas penuh.

Hal ini merupakan pendidikan politik dalam arti sesunguhnya sekaligus pelibatan mereka untuk secara pro aktif dalam memperbaiki kualitas hidup mereka secara mandiri dan bertanggung jawab. (mantan staf ahli anggota DPD RI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *