by

Perayaan Tahun Baru Imlek, Apa Arti Istilah ‘Gong Xi Fa Cai’?

DEPOKRAYANEWS.COM- Tahun baru China kali ini jatuh pada Minggu 22 Januari 2023. Tahun ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Meski disebut memiliki energi negatif, tapi tahun baru tetap perlu disambut dengan suka cita.

Tahun baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi umat Khong Hu Cu. Perayaan Imlek dimulai pada hari pertama di bulan pertama pada kalender China, lalu berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Pada saat perayaan tahun baru China, kalimat ‘gong xi fa cai’ menggema di mana-mana. Apa sebenarnya arti istilah ‘gong xi fa cai’?

Arti istilah ‘gong xi fa cai’?

Pada dasarnya, ucapan ‘gong xi fa cai’ sendiri bukan berarti ‘selamat tahun baru’, sebagaimana yang umumnya dilontarkan banyak orang saat momen pergantian tahun.

Arti istilah ‘gong xi fa cai’ secara harfiah adalah ‘selamat mendapatkan lebih banyak kesejahteraan dan kemakmuran’. Ucapan ini sejenis doa yang disampaikan agar kemakmuran berlimpah di tahun yang baru ini.

Selain gong xi fa cai, ada ucapan tahun baru China lainnya dalam bahasa Mandarin.Dikutip dari laman NC State University, ucapan itu adalah ‘xin nian hao’ yang berarti ‘new year goodness’.

Dalam bentuk yang lebih formal, ucapan tahun baru juga bisa disampaikan dengan kalimat ‘xin nian kuai le’ yang berarti ‘selamat tahun baru’.

Sejarah ucapan ‘gong xi fa cai’ berawal dari kata ‘gong xi’ yang berarti ‘selamat’. Mengutip berbagai sumber, hal ini berawal dari penduduk China yang berhasil selamat setelah menghindari monster yang kejam.

Kala itu, penduduk China berhasil menangkal hewan buas bernama Nian yang mengejar masyarakat, utamanya anak-anak. Namun, dengan segala usaha, mereka berhasil mengusir Nian.

Sementara kata ‘fa cai’ berawal dari sebuah kesejahteraan yang berkembang mengikuti zaman.

Dalam perkembangannya, seiring membaiknya harapan akan kesejahteraan, kata ‘gong xi’ kemudian diikuti dengan menambahkan kata ‘fa cai’. (ril/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *