by

Perlu Dicatat Nih, Efek Negatif Menggunakan Air Keran Isi Radiator

DEPOKRAYANEWS.COM- Sistem pendingin mesin kendaraan model radiator membutuhkan cairan sesuai agar kinerjanya maksimal. Tidak disarankan menggunakan air keran maupun air mineral kemasan buat mengisi radiator.

Meski pengeluaran akan lebih terjangkau, penggunaan air biasa pada radiator akan memberikan efek negatif.

1. Kepanasan
Penggunaan air keran atau mineral kemasan diketahui akan membuat mesin mengalami panas berlebihan atau over heat.

Air memiliki titik didih pada angka 100 derajat celcius. Sementara saat mesin bekerja, suhunya akan di atas 100 derajat celcius.

Radiator yang merupakan bagian dari sistem pendinginan bakal tak bekerja maskimal meredam suhu ketika kendaraan digunakan.

Jika digunakan dalam waktu lama, cairan tersebut akan lebih mudah habis karena menguap lebih cepat dan bikin mesin overheat. Hal ini bisa merusak beberapa komponen mesin lainnya.

2. Penyebab korosi
Tidak hanya membuat overheat, air mineral juga dapat menyebabkan korosi pada pelat logam radiator. Berbeda dengan cairan coolant yang sudah dilengkapi dengan zat anti karat, air mineral justru mengandung beberapa zat penyebab karat.

Karat ini bisa terjadi karena proses oksidasi yang terjadi pada saat air menguap. Apabila sudah muncul karat, itu bisa menyebabkan residu kotoran dan menimbulkan keropos pada komponen radiator hingga jebol.

3. Menghambat tarikan mesin
Penggunaan air mineral pada radiator juga dapat menghambat tarikan mesin. Ini merupakan efek lanjutan dari radiator berkarat yang tidak dirasakan secara langsung dan membutuhkan waktu cukup panjang.

4. Mengganggu sistem pendingin
Kebiasaan mengisi radiator menggunakan air mineral memang tampak sangat sederhana. Namun, hal ini ternyata dapat mengganggu kinerja sistem pendingin mobil dan berakibat fatal.

Pasalnya, saat mesin sedang bekerja dan sudah mencapai suhu sekitar 80-90 derajat celcius dengan tekanan cukup tinggi, maka kandungan yang ada di dalam air mineral bisa mengendap pada mesin pendingin.

Selain itu zat lainnya akan ikut beredar dan mengganggu sistem lain seperti pompa air, thermostat, hingga memungkinkan menyumbat radiator. (cnn/and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *