by

Pernah Operasi 11 Gigi, Nurhidayati Bersyukur Hadirnya Program REHAB

DEPOKRAYANEWS.COM – Nurhidayati (32) merupakan seorang Asisten Rumah Tangga (ART) yang berdomisili di Kota Depok. Saat ini ia tinggal bersama suami dan dua orang anaknya. Suami Nur, begitu Nurhidayati biasa disapa, sehari-hari bekerja sebagai penjual dan pengantar air minum dalam kemasan galon. Terkadang juga menjadi tukang ojek.

Segala bentuk usaha dilakukan keduanya untuk terus bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Keduanya adalah sosok yang gigih dan pantang menyerah. Terbukti dengan keinginannya yang besar untuk membayar tunggakannya sebagai peserta JKN. Nur merupakan salah satu peserta JKN yang memiliki tunggakan dan ingin sekali melunasi, namun berharap dapat mencicil.

“Saya tahu Program REHAB ini dari Aplikasi Mobile JKN, saya menggunakan Aplikasi Mobile JKN sudah cukup lama, dulu untuk kebutuhan menunjukan kartu digital ketika saya berobat dan tidak bawa kartu. Begitu saya lihat ada bacaan Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) saya langsung tidak pikir panjang untuk daftar program ini. Proses pendaftaran juga sangat mudah, tinggal isi data lalu pilih bulan tunggakan bisa langsung terproses tanpa ribet. Alhamdulillah dua bulan lagi tunggakan saya akan lunas dan kartu bisa kembali aktif. Tidak ada harapan untuk sakit sama sekali, tapi saya manusia biasa yang tidak bisa memprediksi sakit. Kalau kartu aktif, saya merasa aman dan terlindungi,” ujar Nur dengan penuh semangat.

Nur mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya Program REHAB. Dia sudah menunggu program ini sejak lama. Tidak bisa dipungkiri bahwa masa pandemi membuat perekonomian keluarganya tidak stabil. Sejak itu akhirnya Nur tidak mampu membayar tagihan setiap bulannya. Nur sadar setiap bulannya tunggakan akan terus menumpuk. Tapi, ia tidak mampu melunasi tunggakan sekaligus.

Nur dan keluarga, salah satu dari sekian banyak keluarga yang sangat sadar akan pentingnya Program JKN. Apalagi Nur sudah merasakan manfaat dari Program JKN. Nur mengatakan beberapa waktu lalu sempat melakukan operasi gigi di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Dia harus merelakan 11 giginya dicabut karena kondisi medis. Nur berobat sebagai peserta JKN dan selama proses berlangsung ia tidak pernah sekalipun dipungut biaya.

“Sejak saat itu, saya benar-benar merasa begitu pentingnya Program JKN. Saya sangat terbantu dengan adanya program ini. Tidak hanya saya, suami saya pun pernah rawat inap di Rumah Sakit Citra Medika selama lima hari karena tipes dan tidak ada iur biaya sama sekali. Program JKN sangat bagus dan mulia. Contoh kecilnya adalah keluarga kami. Saya yakin sudah banyak warga terbantu dengan Program JKN. Setelah Program REHAB saya selesai, saya bertekad melakukan pembayaran tepat waktu. Saya tidak ragu untuk membayar iuran karena kalaupun tidak untuk saya berobat, iuran ini tetap bermanfaat dan bisa membantu yang membutuhkan lainnya,” kata Nur.

Berkali-kali Nur mengucapkan terima kasih atas kehadiran Program JKN juga Program REHAB ini. Nur berharap kedua program ini bisa terus berlangsung dan berjalan dengan baik. BPJS Kesehatan dapat terus sukses menyelenggarakan program yang mulia. Dan seluruh masyarakat Indonesia bisa terus sadar akan pentingnya Program JKN kemudian membayar iuran tepat waktu. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed