by

Persi: Hanya 30 Persen Pasien Covid-19 Kritis Bisa Diselamatkan

-Nasional-236 views

Depokrayanews.com- Peluang sembuh dari infeksi Covid-19 bergantung dari tingkat gejala yang dialami dan ada tidaknya penyakit penyerta yang dimiliki pasien. Semakin berat gejala, akan menyulitkan proses pengobatan.

Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Dr. dr. Lia G. Partakusuma. Sp. PK., mengatakan hanya sekitar 30 persen pasien Covid-19 dengan kondisi kritis yang bisa diselamatkan.

“Kalau tingkat kesembuhan yang perlu kita lihat derajat sakitnya. Kalau kita lihat untuk pasien-pasien kritis itu yang tertolong rasanya hanya sekitar 30 persen. Makanya sekarang kita di kesehatan semuanya berusaha untuk meningkatkan kemampuan mengobati mereka,” kata Lia dalam webinar virtual Satgas Covid-19, Selasa 16 Februari 2021.

Lia mengingatkan agar masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 jangan menunggu sampai keadaan bertambah berat baru datang ke rumah sakit. “Masuk rumah sakit dalam keadaan kritis itu sudah repot sekali. Bila mengetahui gejalanya, langsung segera ke rumah sakit,” kata dia.

Meskipun hanya mengalami gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri, disarankan agar tetap melaporkan ke RT/RW ataupun puskesmas setempat. Tujuannya, agar bisa terpantau jika sewaktu-waktu gejala bertambah berat dan agar bisa segera dirujuk ke rumah sakit.

“Kalau diam-diam saja, nanti pada saat ada perburukan, puskesmas tidak tahu, maka akan terjadi keterlambatan. Ini gunanya untuk lingkungan, bukan hanya untuk diri sendiri. Jadi menurut saya, masyarakat perlu mengetahui ini untuk menjaga lingkungan, kalau kita positif wajib untuk memberitahu kepada RT/RW setempat atau puskesmas,” kata dia.

Berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit khusus Covid-19 sebaiknya tidak lebih dari 60 persen. Kekosongan sebagian tempat tidur diperlukan agar sewaktu-waktu kondisi pasien berubah bisa segera berpindah perawatannya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed