by

Pertumbuhan Ekonomi 2022, Ini Prediksi Bank Indonesia

Depokrayanews.com- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun depan berada di rentang 4,6 persen hingga 5,4 persen (yoy). Proyeksi ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi BI terhadap pertumbuhan ekonomi tahun ini yang sebesar 3,5 persen-4,3 persen.

“Tahun depan, kami prediksi pertumbuhan ekonomi kita berada di kisaran 4,6 persen sampai dengan 5,4 persen, yang mana on track (sejalan) dengan tren pemulihan ekonomi,” kata Perry dalam keterangan resminya, Jumat 6 Agustus 2021.

BI memprediksi tahun ini titik tengah pertumbuhan ekonomi di level 3,9 persen (yoy). Optimisme ini ditopang oleh capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 yakni 7,07 persen.

Perry mengakui pertumbuhan ekonomi kuartal II sebesar 7,07 persen ditopang oleh basis rendah pada periode yang sama tahun lalu, yakni minus 5,32 persen. Namun, menurutnya, realisasi itu merupakan capaian positif yang patut disyukuri.

“Kami melihat pemulihan ekonomi Indonesia sedang berlangsung. Kami ingin lebih tinggi, tapi kita harus harus bersyukur dengan apa yang telah kita capai,” jelasnya.

Menurut dia, indikator ekonomi berada dalam kondisi stabil sesuai dengan target. Tingkat inflasi terkendali, sehingga diprediksi masih dalam target BI yakni 3 persen plus minus 1 persen.

Sementara, current account deficit (CAD) diprediksi berada di rentang minus 0,6 persen hingga minus 1,4 persen. Namun, bank sentral menilai perlu dorongan pada penyaluran kredit perbankan.

“Kami harus meningkatkan penyaluran kredit bank, kami bekerja keras untuk meningkatkan ini. Kami harap penyaluran kredit bank bisa tumbuh 4 persen -6 persen tahun ini,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *