by

Pertumbuhan Ekonomi Depok di Bawah Capaian Nasional, Ini Alasan Wali Kota Mohammad Idris

DEPOKRAYANEWS.COM- Laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Depok tahun 2022 sebesar 5,42 persen.Angka ini jauh di bawah capaian nasional sebesar 5.32 persen dan Provinsi Jawa Barat sebesar 5,45 persen.

Apa kata Wali Kota Depok Mohammad Idris tetang laju pertumbuhan ekonomi yang rendah itu? Menurut Idris, laju pertumbuhan ekonomi nasional dan Jawa Barat tinggi karena kontribusi sektor pertanian.

“Ternyata saya lihat, faktor dari kenaikan LPE nasional lebih tinggi dari Depok karena unsur pertanian. Jadi, unsur pertanian di tingkat nasional sedang digalak-galakkan, sementara kita urban farming, di Kota Depok masih on proses dan tanah pertanian sudah dipakai gedung-gedung pencakar langit,” kata Idris di Depok, Kamis 16 Maret 2023.

Menurut Idris, lahan pertanian di Kota Depok perlahan habis karena beralih fungsi menjadi kawasan perumahan. “Termasuk di wilayah Pondok Petir, dipakai perumahan-perumahan, jadi sudah habis lahan pertanian kita,” kata Idris.

Pemerintah pusat, kata Idris, sudah menginstruksikan Pemkot Depok untuk mewujudkan kembali minimal 20 persen lahan pertanian dari luas wilayah. Kota Depok memiliki luas wilayah 200 kilometer persegi (km2), sehingga wilayah pertanian minimal 20 km2.

“Maka kita sedang negosiasi, dengan pemiliki-pemilik tanah-tanah yang luas, kalau di Bojongsari ini ada graha, dia memiliki lahan sekitar 300 hektare, kalau di Tapos ada sekitar 500 hektare itu tanah (milik PT) Kharaba,” kata Idris. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *