by

Perumahan BSI Duren Mekar dan Mampang Terendam Banjir

Banjir yang terjadi di BSI Sawangan Rabu 18 Maret 2020.

Depokrayanews.com- Puluhan rumah warga di RW 06 Kelurahan Mampang, tak bisa tidur tenang pada Rabu 18 Maret 2020 dinihari karena rumah mereka digenangi air luapan dari Kali Krukut, di Perempatan Mampang, Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok.

Ketinggian air mencapai 30 sentimeter atau sebetis orang dewasa. Warga terdampak di RW06 sekitar 60 KK lebih, yang terdiri dari warga di RT 05, RT 07 dan RT 02.

Kondisi serupa terjadi di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), perbatasan dengan Parung, Kabupaten Bogor. Atau yang dikenal sebagai BSI Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Air tiba-tiba menggenangi kawasan itu mulai dari tadi malam sampai Rabu 18 Maret 2020 pagi. Dua perahu karet tampak sudah dikirim ke BSI untuk mengevakuasi masyarakat yang terkurung di rumahnya. Ketinggian air sampai selutut orang dewasa. Kabarnya air meluap karena tanggul Kali Angke yang jebol.

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Depok itu datang di saat Kota Depok sedang tidak diguyur hujan, sehingga membuat panik warga yang tidak siap menerima kehadiran air yang sangat deras itu.

Banjir di BSI sampai setinggi lutut orang dewasa.

“Walau pun ngga hujan, tapi kalau sedang ada bukaan dari arah Bogor, 30 menit kemudian pasti air Kali Krukut di Perempatan Mampang ini meluap ke jalanan dan ke rumah warga,” kata Andi, salah seorang warga Mampang.

Menurut Andi, air Kali Krukut meluap, karena endapan lumpur di samping Masjid Al-Istiqomah itu tidak pernah dikeruk sehingga terjadi pendangkalan.

“Memang lumpurnya udah tinggi sehingga volume air yang mengalir sedikit. Akibatnya air meluap ke jalanan dan ke rumah warga,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *