by

Perusahaan Jasa Sedot WC Diimbau Buang Limbah Tinja ke IPLT Kalimulya Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Perusahaan jasa sedot WC (septictank) milik swasta yang beroperasi di Kota Depok diimbau untuk membuang limbah tinja ke Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu (IPLT) milik Pemerintah Kota Depok yang berlokasi di Jalan TPU Kalimulya III, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

”Kami mengimbau agar semua perusahaan jasa sedot WC yang beroperasi di Kota Depok untuk membuang limbah tinjanya ke IPLT yang ada di Kalimulya, karena instalasi dan fasilitas pengolahan tinjanya sangat bagus dan terbaik di Jawa Barat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) IPLT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Asep Qobul Hidayat kepada depokrayanews.com, Selasa 28 Juni 2022.

Menurut Asep, selama ini baru beberapa perusahaan jasa sedot WC yang telah membuang limbah tinjanya ke IPLT milik Pemkot Depok di Kalimulya. Asep yakin, masih banyak perusahaan jasa sedot WC lain yang belum. Ketika ditanya, kemana perusahaan jasa sedot WC itu membuang limbah tinjanya, Asep mengaku tidak mengetahuinya.

”Kami tidak tahu, mereka buang ke mana. Yang pasti, baru beberapa perusahaan yang sudah rutin membuang limbah tinjanya ke IPLT Kalimulya,” kata Asep yang baru beberapa bulan menjabat Kepala UPT IPLT Kalimulya.

Berdasarkan hasil penelusuran depokrayanews.com, di Kota Depok setidaknya ada 11 perusahaan jasa sedot WC milik swasta. Jumlah itu diluar perusahaan jasa sedot WC yang wilayah operasinya Jabodetabek, termasuk Depok.

Sebanyak 11 perusahaan itu adalah Sedot WC Depok, Sedot WC Sawangan, Sedot WC Putra Sejati, Jasa Tama, Jasa WC Ku, CV Maju Jaya, Jasa Tinja, PT Global Solusindo Insani, Anugrah Jasa, Alfa Jaya dan Doa Ibu. Kemudian ada 2 perusahaan jasa sedot WC yang wilayah operasinya Jabodetabek, yakni Sedot WC Alaska dan Sedot WC TOP1.

Menurut Asep, unit pengolahan limbah tinja di IPLT Kota Depok sudah menggunakan sistem yang modern, tidak lagi manual seperti dulu. Uji baku mutu air hasil pengolahan limbah dilakukan secara rutin 4 kali dari satu tahun, sehingga air hasil pengolahan limbah yang dibuang ke Kali Ciliwung benar-benar sudah bagus dan tidak mencemarkan air Kali Ciliwung. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed