by

Pesawat Perang Dunia II yang Hilang 77 Tahun Lalu Ditemukan di Himalaya

DEPOKRAYANEWS.COM- Bangkai pesawat Perang Dunia II yang hilang telah ditemukan di Himalaya, India, setelah selama 77 tahun lalu jatuh tanpa ada yang selamat.

Pesawat angkut C-46 yang membawa 13 orang dari Kunming, China, itu dilaporkan menghilang saat cuaca badai di atas pegunungan negara bagian Arunachal Pradesh pada 1945 silam.

“Pesawat ini tidak pernah terdengar lagi. Menghilang begitu saja,” kata Clayton Kuhles, petualang Amerika Serikat yang memimpin misi pencarian, seperti dikutip dari AFP, Jumat 21 Januari 2022.

Pesawat itu ditemukan setelah Bill Scherer, salah seorang putra korban pesawat, meminta dilakukan pencarian. Butuh waktu berbulan-bulan bagi tim pencari untuk melakukan ekspedisi tersebut.

Para tim pencari harus mengarungi sungai setinggi dada serta berkemah di tengah suhu beku di ketinggian. Akibat pencarian tersebut, tiga pemandu tewas karena hipotermia saat berkemah di tengah badai bersalju September lalu.

Namun tim akhirnya menemukan pesawat di puncak gunung yang tertutup salju bulan lalu, dengan mengidentifikasi puing-puing melalui nomor ekor.

Tak ada jejak manusia di antara puing pesawat tersebut. “Yang bisa saya katakan adalah saya sangat gembira, hanya mengetahui di mana dia berada. Ini menyedihkan tapi menggembirakan,” ujar Scherer kepada AFP.

“Saya tumbuh tanpa ayah. Yang bisa saya pikirkan hanyalah ibu saya yang malang, yang mendapatkan telegram dan mengetahui suaminya hilang dan ditinggalkan bersama saya yang saat itu masih berusia 13 bulan,” tuturnya.

Dilaporkan, ratusan pesawat militer AS hilang di sekitar teater operasi di India, China, dan Myanmar selama Perang Dunia II.

Sejumlah besar pesawat saat itu diyakini telah dijatuhkan oleh es, angin badai, dan kondisi cuaca buruk lainnya.

sumber:cnnindonesia

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *