by

Peserta PBI Mendapatkan Pelayanan yang Sama dari Program JKN

DEPOKRAYANEWS.COM– Berbakti kepada orang tua dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Janiar (33) yang dengan ikhlas menemani ibu mertuanya ke BPJS Kesehatan Cabang Depok untuk mendaftarkan diri di Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Janiar menganggap ibu mertua sebagai ibu kandung dan saat ini beliau beberapa kali sempat sakit namun belum memiliki jaminan kesehatan. Sedangkan Janiar dan keluarga sudah terdaftar di Program JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Saya terpaksa membawa anak saya yang terakhir kesini karena memang tidak ada yang membantu untuk menjaganya, untungnya luar biasa pelayanan untuk peserta prioritas sangat nyaman disini,” kata Janiar.

Dia diberikan tempat duduk khusus dan didahulukan dalam pelayanan. Selain itu juga terdapat ruang laktasi yang ramah anak dan nyaman untuk ibu menyusui.

“Jadi walau terpaksa harus bawa anak, saya tetap merasakan nyaman dan sekaligus tetap bisa berbakti ke orang tua dengan menemani ibu daftar kesini,” ujar Janiar.

Tak hanya itu, Janiar juga berbagi pengalamannya saat berobat menggunakan Kartu JKN. Ia mengatakan walau terdaftar di segmen PBI namun selama berobat ia tetap mendapat perawatan yang sama tidak dibeda-bedakan.

Selama ini tak hanya Janiar yang merasakan manfaat dari Program JKN namun suami dan anak-anaknya pun sudah pernah merasakan manfaatnya.

“Beberapa kali saya dan keluarga entah itu berobat sampai cabut gigi tidak pernah berbayar dan selalu mendapat pelayanan yang baik,” kata Janiar.

Terakhir, Janiar operasi sesar untuk kelahiran anak terakhir juga menggunakan Kartu JKN dan tetap mendapatkan pelayanan yang sama baiknya,

“Saat itu saya operasi di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok. Tidak ada hambatan dan kami sebagai rakyat kecil merasa sangat terbantu. Apalagi saya seorang ibu rumah tangga dan tidak memiliki penghasilan begitu juga dengan suami saya yang bekerja sebagai pengurus masjid yang juga tidak memiliki penghasilan tetap,” jelas Janiar.

Janiar menyampaikan ucapan terima kasihnya karena Program JKN hadir tidak hanya berpihak pada lapisan masyarakat tertentu saja.

Ia sebagai rakyat kecil pun merasakan manfaat yang banyak dari hadirnya program ini. Ia berterima kasih juga karena mendapatkan Kartu JKN sebagai segmen PBI. Janiar menyebut ini sangat tepat sasaran mengingat kondisi ekonomi keluarganya yang memang membutuhkan. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *