by

Pihak Keluarga Pastikan Hamzah Haz Meninggal di Rumah, Bukan di RSPAD Gatot Subroto

Depokrayanews.com- Pihak keluarga mengatakan Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz meninggal dunia di rumah, setelah terjatuh di kamar pada Rabu 24 Juli 2024 pagi saat hendak melaksanakan salat duha selepas bangun tidur.

Nur Agus Haz, anak Hamzah Haz keempat memastikan ayahnya tidak sedang berada di RSPAD Gatot Subroto seperti yang beredar di media sosial.

“Enggak ada sama sekali. Jadi memang meninggalnya pada waktu di kamar aja,” kata dia kepada wartawan di rumah duka, Rabu 24 Juli 2024.

Agus menjelaskan dirinya sedang berada di luar rumah saat mendengar kabar Hamzah Haz terjatuh di kamarnya. Ia menduga ayahnya terjatuh saat hendak melaksanakan salat duha selepas bangun tidur.

“Saya persis ada kegiatan di luar, saya habis itu ditelpon ada bapak jatuh, setelah saya bilang jangan dulu diapa-apain. Tunggu dulu saya datang,” kata dia.

“Kalau saya perhatikan bapak dalam keadaan bangun tidur mau salat duha. Biasanya selalu pegang lemari, mungkin jangkauannya jauh, mungkin itu jatuh seluruh badan, jadi tidur seperti biasa,” jelas Nur Agus.

Menurut Agus, ayah juga tidak dalam keadaan sakit ketika meninggal pada pagi ini. Ia bahkan mengaku masih sempat berbincang pada malam sebelumnya.

“Tidak (sakit) sama sekali. Malam sempat bicara sama saya, tidak ada sama sekali. Beraktivitas biasa saja,” tambah dia.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla ikut melayat ke rumah duka. Dia mengenang sosok Hamzah Haz sebagai pribadi yang mencintai masjid. Menurutnya Hamzah Haz merupakan salah satu tokoh Islam yang dimiliki bangsa dengan pemikiran yang cemerlang.

“Saya turut berduka, beliau ini orang masjid, jadi saya kehilangan orang yang rajin mencintai masjid,” kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Hamzah Haz meninggal pada Rabu 24 Juli 2024 dan dimakamkan di Cisarua, Bogor. Prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *