by

Pofil Mahendra Siregar, Mantan Wamenlu yang Terpilih Jadi Ketua DK OJK 2022-2027

DEPOKRAYANEWS.COM- Komisi XI DPR memilih Mahendra Siregar menjadi calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada Rabu 6 April 2022 kemarin.

Mahendra mengalahkan Darwin Cyril Noerhadi, yang pernah menjadi menjadi Dirut Bursa Efek Jakarta (BEJ), kini berubah nama menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI). Mahendra akan menggantikan posisi Wimboh Santoso yang berakhir masa jabatannya pada tahun ini.

“Telah disepakati secara mufakat Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027,” kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir, Kamis 7 April 2022.

Selama ini Mahendra Siregar dikebal sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Tapi dia bukan orang baru di bidang ekonomi dan keuangan. Sarjana lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan master dari Universitas Monash Australia itu pernah menduduki jabatan Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional pada 2005-2009.

Mahendra juga pernah menduduki kursi Wakil Menteri Keuangan pada 2011 mendampingi Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan.

Sejumlah jabatan penting di pemerintahan juga pernah dipegang Mahendra. Mulai dari Wakil Menteri Perdagangan pada 2009-2011, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2013-2014, hingga teranyar Wakil Menteri Luar Negeri sejak 2019.

Mahendra juga memiliki jejak karir sebagai Duta Besar. Ia terpilih menjadi Duta Besar Indonesia di Washington D.C pada 1998-2001.

Berikut daftar lengkap Anggota OJK Terpilih untuk periode 2022-2027:

Ketua: Mahendra Siregar
Wakil Ketua: Mirza Adityaswara
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan: Dian Ediana Rae
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Inarno Djajadi
Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya: Ogi Prastomiyono
Ketua Dewan Audit: Sophia Issabella Wattimena
Anggota Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi
(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *