by

Pokja Lansia akan Dibentuk Tiap Kecamatan

Pemkot Depok akan membentuk Pokja Lansia di setiap kecamatan. Rencana itu dibahas dalam rakor.
Pemkot Depok akan membentuk Pokja Lansia di setiap kecamatan. Rencana itu dibahas dalam rakor.

Depokrayanews.com- Pemkot Depok akan membentuk kelompok kerja (Pokja) lanjut usia (Lansia) di setiap kecamatan. Langkah ini dianggap penting untuk meningkatkan angka harapan hidup.

“Kita baru punya komisi daerah (Komda) Kota Depok, pokja akan kita bentuk di kecamatan-kecamatan mulai tahun ini,” kata Kasubid Kesejahteraan Masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kota Depok, Bety Setyorini, Selasa (21/03/2017).

Menurut Bety, Depok ingin menciptakan kenyamanan bagi lansia. Apalagi di dunia internasional, ditargetan pada 2030 semua negara sudah mengimplementasikan program ramah lansia.

“Makanya perlu adanya pembentukan pokja di tiap kecamatan. Kemudian pada tahun 2018 pokja juga akan dibentuk di tiap kelurahan, karena jika kita kerjakan bersama-sama dengan wadah yang nyata diharapkan bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Pembentukan pokja sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan yang ada. Jika lembaga sudah kuat, maka pengimplementasian program dan kegiatan juga akan berjalan dengan lancar.

Nantinya bisa dilihat dari indikator misalnya, apakah ada penganggaran untuk di tiap kecamatan dan kelurahan mengenai kegiatan terkait lansia, karena pada dasarnya lansia di Depok diharapkan menjadi lansia yang produktif dan bermartabat.

“Kita mau lansia memiliki peran aktif di wilayahnya masing-masing, karena kami ingin tiap kecamatan dan kelurahan bisa melibatkan para lansia,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *