by

Polisi Ungkap Fakta Fakta Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde Bern Swiss

DEPOKRAYANEWS.COM- Dua pekan setelah dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) akhirnya ditemukan pada Rabu 8 Juni 2022 waktu setempat.

Menurut pernyataan kepolisian Swiss, jenazah Eril dievakuasi di pintu air Bendungan Engehalde di Bern. Setelah dilakukan identifikasi lantas penemuan ini diumumkan pada Kamis 9 Juni 2022.

Orang tua Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, langsung terbang ke Swiss begitu menerima kabar ada titik terang soal penemuan anak sulungnya. Tapi, Athalia, istri Ridwan Kamil tidak ikut ke Swiss, hanya akan menunggu kedatangan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta.

Upaya pencarian Eril cukup lama dan melibatkan banyak pihak terkait di Swiss. Ridwan Kamil, bersama istri dan anak perempuannya sempat turun menyaksikan langsung upaya pencarian di Sungai Aare. Lebih dari sepekan tidak ada titik temu, Ridwan Kamil dan keluarga memutuskan untuk kembali ke Bandung. Elpi, adik kandung Ridwan Kamil yang datang ke Swiss untuk memantau perkembangan.

Fokus pencarian Eril sempat dilakukan fokus di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu patroli juga bekerja di area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Jenazah Eril ditemukan di dasar sungai di titik pintu air Bendung Engelhade, sekitar 3,2 kilometer dari titik awal berenang.

Dalam rilis di situs resminya, pihak kepolisian Bern menyampaikan bahwa petugas polisi menemukan jenazah Eril pada pukul 06.50 pagi waktu setempat.

“Pada Rabu (8/6) pagi, satu jenazah berhasil dievakuasi di pintu air Engehalde, di Bern,” demikian pernyataan kepolisian Swiss di situs resminya.

“Penyelidikan forensik mengungkap bahwa jenazah itu merupakan warga Indonesia yang hilang di Sungai Aare, sejak Kamis, 26 Mei 2022. Pria 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami kondisi darurat. Akibatnya dia tenggelam,” lanjut pernyataan polisi.

Pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Tak lama, jasad itu dikonfirmasi merupakan jenazah Eril yang telah hilang usai tenggelam saat berenang di Sungai Aare.

Kedutaan Besar RI di Swiss mengonfirmasi jenazah pria yang ditemukan di Pintu Air Engehalde, Bern, merupakan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil setelah melalui tes DNA.

“Tim forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad tersebut adalah ananda Eril,” kata Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, dalam konferensi pers, Kamis 9 Juni 2022.

“Kamis 9 Juni siang waktu Swiss, kepolisian mengonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Eril,” katanya.

Muliaman Hadad, memastikan jenazah Eril, akan diperlakukan sesuai syariat Islam. “KBRI memastikan bahwa penghormatan kepada Eril terpenuhi dalam syariat Islam,” kata dia.

Muliaman mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus mendampingi seluruh keluarga Ridwan Kamil selama berada di Swiss untuk mengurus pemulangan jenazah Eril.

Ridwan Kamil menyebut jenazah putra sulungnya, Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu 12 Juni 2022 dan akan dimakamkan keesokan harinya atau Senin 13 Juni 2022.

“Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin,” ujarnya melalui akun instagram pribadinya, Kamis 9 Juni 2022.

Ridwan Kamil menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak KBRI Swiss dan Kepolisian/PemerintahanKota Bern atas kerja kerasnya menemukan jasad Eril. (ris/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed