by

Postingan Video tidak Senonoh Meresahkan Pengguna Facebook Saat Ramadan

Saat ramadan banyak beredar foto dan video tidak senonoh di FB. Sejumlah nama di tag sehingga menimbulkan keresahan.

Depokrayanews.com- Postingan video dan foto-foto tidak senonoh banyak mengganggu facebooker saat ramadan tahun ini. Apalagi video dan foto itu sengaja disebar pada siang hari dengan men-tag sejumlah nama, tanpa sepengetahuan pemilik akun.

Setiap video dan foto tidak senonoh di tag sejumlah nama yang kemungkinan besar diambil secara acak melalui akun-akun yang ada di facebook. Dengan mentag nama seseorang, berarti dia mendapat kiriman foto-foto tersebut. Prilaku dan tindakan orang aneh dengan memakai nama akun Indonesia News itu kemudian menimbulkan keresahan para pengguna facebook.

Indonesia News menulis di bawah foto tidak senonoh itu dengan judul: Saat ini lebih mudah untuk menonton video Indonesia News. Hampir setiap hari foto yang ditampilkan berbeda-beda sehingga dinilai sudah sangat meresahkan.

”Sepertinya ada unsur kesengajaan, video dan foto-foto tidak senonoh itu diposting pada siang hari, di saat ummat muslim menjalankan ibadah puasa. Saya menduga tujuannya untuk merusak iman, merusak pikiran ummat Islam. Ini harus segera dihentikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika,” kata Rahmat, salah seorang pengurus masjid i Pancoran Mas, Selasa 20 April 2021.

Hampir setiap hari ada saja facebooker yang memposting keluhannya tentang kiriman foto-foto tidak senonoh tersebut. Sebagian besar, perempuan juga menerima kiriman foto tersebut. Karena nama ditag, jadi banyak orang mengira orang-orang yang mentag foto itu sengaja menyebarkan video dan foto itu secara luas.

”Ada yang men tag nama saya disamping video porno dan gambar. Ada hack baru di facebook. Akan kelihatan komentar datang dari anda, termasuk perkataan kotor dan kata-kata yang menyakitkan,” kata Suryanto menulis di akun facebooknya, Selasa 20 April 2021.

”Anda tidak bisa melihatnya, tetap rekan-rekan anda melihatnya. Keadaan itu dapat membuat banyak orang salah paham,” tulis Suryanto. Dia kemudian secara tegas mengatakan kepada semua kenalannya di FB, bahwa sesuatu yang memalukan muncul di FB, bukan datang dari dirinya.

Keluhan dan keresahan yang mendalam juga ditulis Isna Camar di akun FB nya. ”Tolong dibantu up kawan-kawan, karena saya sudah di tag di postingan tidak senonoh oleh akun-akun yang tidak saya kenal dan menurut saya tidak bertanggungjawab,” tulis Isna.

Keluhan dan keresahan yang sama disampaikan hampir ratusan pengguna FB sejak sepekan terakhir. Banyak juga yang menyampaikan permohonan maaf kepada teman-temannya di FB, karena merasa malu ada postingan video dan gambar-gambar tidak senonoh di akunnya. ”Maaf ya, itu bukan postingan dari saya. Ada yang sengaja men tag nama saya, sehingga muncullah gambar-gambar tidak senonoh itu di akun saya,” kata Dini Aminah.

Mulyadi, seorang pemuka masyarakat di Bojongsari meminta agar pemerintah menutup akun Indonesia News, agar tidak semakin merusak anak bangsa, ”Karena tidak tertutup kemungkinan yang mereka tag itu anak-anak remaja, baik laki-laki maupun perempuan, karena sepertinya mereka melakukan tag secara acak,” kata Mulyadi. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed