by

PPDB SMP Negeri di Depok, Kuota Jalur Prestasi Turun Jadi 20 Persen

DEPOKRAYANEWS.COM– Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 Kota Depok meminta orang tua siswa baik TK, SD, khususnya SMP Negeri untuk mencermati syarat dan mekanisme PPDB agar tidak salah dalam melengkapi berkas.

“Tahun ini khusus jenjang SMP Negeri, jalur afirmasi kuotanya naik menjadi 25 persen, tahun lalu hanya 15 persen. Jalur prestasi tahun ini turun menjadi 20 persen, sebelumnya 30 persen,” kata Sekretaris Panitia PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 Kota Depok Bahrudin, seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Depo, Rabu 28 Juni 2023.

Menurut Bahrudin, keputusan itu sudah melalui hasil evaluasi. Kuota jalur afirmasi sebesar 25 persen, nantinya akan terbagi dua yakni 23 persen untuk siswa tidak mampu dan 2 persen untuk siswa inklusi. Sebab berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima Kartu Depok Sejahtera (KDS), jumlah siswa yang tidak mampu ada sekitar 27 ribu.

Jumlah lulusan SD Negeri, Swasta dan Madrasan Ibtidaiyah (MI) tahun 2023 mencapai 34.134. Sedangkan daya tampung SMP Negeri hanya 9.664 siswa. Artinya, akan ada 24.470 siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri.

“Muaranya akan ke SMP Swasta. Untuk daya tampung SMP Swasta sejauh ini masih aman. Kami minta agar orang tua mengubah mindset sekolah bahwa negeri dan swasta adalah sama,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *