by

Prabowo Bentuk Detasemen Pengawal Khusus

Depokrayanews.com- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disebutkan membentuk satuan khusus bernama Detasemen Pengawal Khusus atau Denwalsus.

Pembentukan Denwalsus itu diketahui dari unggahan sebuah video di Instagram resmi ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah. Dalam rekaman video yang diunggah ke media sosial pada Kamis (8/4) itu memperlihatkan puluhan orang yang sedang berbaris di suatu tempat. Pasukan itu terlihat mengenakan pakaian dinas lapangan berwarna loreng hijau hitam dilengkapi baret.

Dalam keterangan video tersebut, Rizky menjelaskan Denwalsus memiliki tugas di bidang pengawalan dan pengamanan. Di antaranya menjaga kemanan markas Kementerian Pertahanan (Kemhan), Prabowo, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan tugas penting lainnya.

“Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara,” kata Rizky dalam akun Instagram resminya @Rizky_Irmansyah yang dikutip Jumat 9 April 2021.

Rizky menjelaskan anggota yang tergabung dalam Denwalsus dipilih langsung oleh Prabowo. Pasukan ini menjalani pemusatan latihan di Markas Pusdiklat Kopassus, Batu Jajar, Jawa Barat.

Dalam unggahannya, Rizki menjelaskan seluruh personel turut di bekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP hingga pola penyambutan tamu di dalam serta luar negeri.

“Dan tentu nya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan,” tambahnya.

Dalam kolom komentar, Rizky menyebut pembentukan Denwalsus sudah sesuai aturan yang berlaku. Ia pun mengatakan pembentukan satuan pasukan di TNI merupakan hal yang biasa.

“Silakan dicek semua yang dibentuk dan dibangun dilaksanakan sesuai dengan aturan. Dan ini adalah hal yang biasa dilakukan dalam sebuah organisasi di TNI,” kata Rizky.

Sumber:cnnindonesia

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *