by

Prabowo Subianto ke DPR Jelaskan Soal Pinjaman Jumbo Rp 1,7 Kuadriliun

Depokrayanews.com- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Rabu 2 Juni 2021 hari ini, dijadwalkan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI bersama Panglima TNI.

“Pak Menhan dijadwalkan untuk hadir di RDP tanggal 2, bersama Panglima TNI,” kata Juru Bicara Menteri Pertahanan dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Rapat antara Komisi I dengan Kemhan sempat digelar pada Senin 31 Mei 2021 lalu. Tapi dalam rapat itu, Prabowo diwakili M. Herindra, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Seperti ramai diberitakan, Kemenhan tengah menghadapi isu rencana pinjaman ‘jumbo’ senilai Rp 1,7 kuadriliun yang tercantum dalam dokumen Rancangan Peraturan Presiden tentang Pembelian Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam).

Dokumen dengan anggaran pembelian alutsista dalam rentang waktu 2020-2024 sebanyak US$ 124.995.000.000 atau setara Rp1,7 kuadriliun itu tersebar ke publik. Dalam dokumen itu dijelaskan, pemenuhan akan menggunakan sistem pinjaman ke luar negeri dengan rentang pembayaran hingga 2044.

Tapi Dahnil menapik isu itu. Menurut dia, dokumen yang saat ini kadung bocor itu adalah rancangan dan belum masuk tahap final.

Bahkan, Dahnil menyebut bocornya draf perpres tersebut adalah bentuk keirian dalam berpolitik, atau political jealousy.

Menurut Dahnil, pihaknya akan segera menemukan oknum yang membocorkan rancangan anggaran alutsista tersebut. Ia memastikan oknum tersebut punya motif politik terhadap Prabowo. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *