by

Pradi Supriatna: Walikota Harus Siap Melayani, Bukan Minta Dilayani

Depokrayanews.com- Calon Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan bila menang pada Pilkada Depok 9 Desember 2020 mendatang, pihaknya ingin melakukan perubahan di Kota Depok, termasuk menerapkan gaya kepemimpinan yang melayani masyarakat.

”Walikota itu harus merakyat, tugasnya melayani masyarakat, harus dekat dengan masyarakat. Bukan malah ingin dilayani masyarakat. Gaya kepemimpinan yang feodalistik tidak ada di kamus saya,” kata Pradi ketika bersilaturahmi dengan para RW, RT dan tokoh masyarakat di Perumahan Bukit Rivaria, Sawangan, Selasa 24 November 2020.

Menurut Pradi, gaya kepemimpinan model lama yang cenderung feodal dan tidak memihak kepada masyarakat sudah tidak bisa diterima masyarakat. ”Pemimpin yang maunya dilayani oleh masyarakat seperti feodalis sudah tidak bisa diterima masyarakat. Sekarang pemimpin itu harus siap melayani masyarakat,” kata dia.

Pradi mengaku tidak suka dengan gaya pemimpin yang feodal. Yang diterapkannya adalah gaya kepemimpinan yang egaliter (merakyat), demokratis, transparan dan berbudaya.

”Makanya kalau terpilih sebagai walikota pada Pilkada Depok 9 Desember 2020 mendatang, saya akan sering-sering berkantor di kecamatan dan kelurahan, biar lebih dekat dengan masyarakat, supaya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Pradi.

Hal itu ditegaskan Pradi ketika menjawab pertanyaan, Alex Renta, salah seorang tokoh masyarakat Bukit Rivaria yang mengaku kecewa dengan pelayanan di kelurahan ketika mengurus KTP anaknya. ”Masa pelayanan KTP di Kota Depok kalah dengan daerah saya di tingkat kabupaten di Pulau Sumatera sana. Padahal Depok itu berbatasan langsung dengan Ibu kota Jakarta, harusnya lebih cepat,” kata Alex.

Menjawab pertanyaan Casrudin, koordinator bidang UMKM Bukit Rivaria agar UMKM benar-benar diperhatikan oleh pemerintah, Pradi menyebut UMKM akan menjadi perhatian luar biasa, karena jumlah UMKM sangat banyak dan dampaknya terhadap ketahanan ekonomi keluarga sangat besar.

”Makanya kita akan gaungkan kepada semua lapisan masyarakat tageline Bela Beli Produk Depok. Artinya masyarakat Kota Depok harus bangga dan mau membeli produk-produk UMKM Kota Depok,” kata Pradi. Wakil Walikota Depok yang tengah cuti karena kampanye itu memberikan apresiasi adanya Rivaria Market, yang menjadi pusat penjualan produk UMKM Bukit Rivaria secara online.

Pradi juga mendukung rencana pengembangan sentra UMKM di Bukit Rivaria. ”Bila semua kebutuhan masyarakat bisa disediakan oleh masyarakat setempat, maka ekonomi masyarakat akan tumbuh. Pendapatan asli daerah juga akan naik,” kata Pradi. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed