by

Presiden AS Donald Trump Positif Terpapar Covid-19

Donald Trump.

Depokrayanews.com- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terpaksa dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter karena terdeteksi mengidap penyakit akibat virus corona atau Covid-19.

AFP melaporkan bahwa Trump terlihat keluar dari Gedung Putih menggunakan masker pada Jumat 2 Oktober 2020 waktu setempat. Ia langsung masuk ke helikopter Marine One dan menuju rumah sakit di Walter Reed, Bethesda.

Ia tiba di rumah sakit tak lama setelah itu. Gedung Putih menyatakan bahwa Trump akan dirawat di rumah sakit itu untuk beberapa hari.

“Atas rekomendasi dari ahli medis, presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed untuk beberapa hari,” ujar sekretaris pers Gedung Putih, Kayleigh McEnany.

Tak lama setelah tiba di Bethesda, Trump mengunggah video di akun Twitter resminya. Ia berterima kasih kepada para pendukungnya dan memastikan bahwa semua akan baik-baik saja.

“Saya akan ke rumah sakit Walter Reed. Saya baik-baik saja. Kami akan memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Ibu Negara juga baik,” ujar Trump dalam video itu.

Trump dibawa ke rumah sakit berselang 15 jam setelah tim medis menyatakan bahwa sang presiden mengidap Covid-19.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, yang sempat ikut dalam agenda kampanye Trump langsung menjalani pemeriksaan dan hasilnya negatif Covid-19.

Sementara itu, pesaing Trump dalam pemilu yang baru saja ikut debat sehari sebelumnya, Joe Biden, juga dinyatakan negatif Covid-19.

Karena infeksi Covid-19 ini, Trump dipastikan menghentikan sementara semua program kampanyenya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan turut prihatin atas  kabar Trump mengidap Covid-19. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Gebreyesus, berharap Trump cepat sembuh.

“Kami mendengar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Ibu Negara, Melania Trump, dinyatakan positif Covid-19. Saya ingin memulai hari ini dengan berharap supaya mereka segera pulih seperti sedia kala. Kami turut mendoakan mereka,” katanya. (afp)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *