by

Presiden Joko Widodo akan Lantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB Siang Ini

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu 7 September 2022, pukul 13.30 wib.

Azwar akan menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Sebelum dilantik menjadi Menpan RB, Azwar menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dia baru menduduki jabatan itu pada 13 Januari lalu.

Politikus PDIP itu mengawali karier politik pada 1997. Saat itu, Azwar menjabat Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan.

Pada 2004, ia menjadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia gagal melanjutkan karier di parlemen pada pemilu lima tahun kemudian.

Azwar pun kembali ke kampung halamannya dan mengikuti Pilkada Banyuwangi. Ia terpilih sebagai Bupati Banyuwangi 2010-2015.

Dia melanjutkan kepemimpinan setelah terpilih kembali pada 2015. Di tengah-tengah masa jabatan, Azwar sempat mengikuti Pilgub Jawa Timur pada 2018 berpasangan dengan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Namun di tengah jalan dia mengundurkan diri gara-gara beredar foto syur yang diduga adalah dirinya.

Azwar kemudian bergabung dengan PDIP. Dia menjadi salah satu kader kebanggaan partai berlambang banteng itu. Nama Azwar sempat diisukan menjadi kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *