by

Presiden Joko Widodo: Indonesia Tidak Bisa Didikte Negara Lain

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia, sebagai negara besar tidak bisa didikte siapapun dan harus duduk sejajar dengan bangsa lain.

“Kita siap bekerja sama, siap memimpin. Kita ingin kerja sama dan menjadi titik temu serta jembatan perbedaan di dunia. Inilah Indonesia. Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, negara mana pun. Namun selalu siap kontribusi bagi dunia,” kata Preside Joko Widodo saat pembacaan amanat di Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Nasional, Kamis 1 Juni 2023

Menurut Jokowi, ideologi Pancasila membuat Indonesia diterima dan diakui dunia. Persiden juga menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dianggap relevan bagi dunia, terbukti saat RI menjadi presidensi G20 dan ASEAN.

“Presidensi G20, KTT [konferensi tingkat tinggi] ASEAN bukti nyata Pancasila bukan hanya untuk Indonesia tapi sangat relevan untuk dunia,” kata Jokowi.

Saat menjadi ketua G20 dan ASEAN kali ini, Indonesia menghadapi rivalitas global yang masih berlangsung, misalnya perang Rusia-Ukraina, perselisihan di kawasan Laut China Selatan, kekhawatiran di Indo-Pasifik usai muncul AUKUS, dan kudeta di Myanmar. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *