by

Presiden Jokowi akan Lantik Andi Widjajanto Jadi Gubernur Lemhanas

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggantikan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo pada Senin 21 Februari 2022 besok.

Jabatan Gubernur Lemhanas saat ini diisi oleh Marsekal Madya (Marsdya) Wieko Syofyan sebagai pelaksana tugas (plt) setelah Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dilantik sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Republik Filipina pertengahan Januari 2022 lalu.

Kabar pelantikan Gubenur Lemhanas juga diakui Marsdya Wieko Syofyan. “Besok akan ada pelantikan Gubernur Lemhanas yang baru. Lemhanas sudah mendapatkan undangan kehadiran. Sesuai undangan besok Jam 11.30 WIB. Untuk calon gubernur saya belum dapat namanya,” kata Marsdya Wieko Syofyan kepada wartawan, Minggu 20 Februari 2022.

Andi Widjajanto yang akan dilantik Presiden Jokowi itu adalah seorang pengamat pertahanan dan politikus Indonesia. Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia itu pernah aktif sebagai Deputi Tim Transisi menjelang terbentuknya Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Andi pernah mengemban pendidikan program studi hubungan internasional dan pertahanan di sejumlah kampus ternama seperti School of Oriental and African Studies di London School of Economics and Political Science (LSE), hingga National Defense University di Washington D.C., Amerika Serikat.

Andi juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet era Jokowi-Jusuf Kalla sejak 3 November 2014 hingga 12 Agustus 2015. Sebelumnya, Andi pernah menjabat sebagai Penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan pada 2016.

Pria kelahiran Jakarta pada 3 September 1971 itu adalah putra pertama Mayor Jenderal TNI (Purn) Theo Syafei, seorang politikus Indonesia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed