by

Presiden Jokowi: IKN akan Selesai dalam 10-15 Tahun

DEPOKRAYANEWS.COM– Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan selesai dalam kurun waktu 10-15 tahun kemudian.

“Sekarang kita eksekusi dan sudah dimulai. Insya Allah bisa dalam 10 tahun, bisa 15 tahun akan selesai dan Ibu Kota kita di Nusantara,” kata Jokowi dalam acara Istigasah dan doa bersama yang digelar oleh Rabithah Melayu-Banjar di Tabalong, Kalimantan Selatan yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 17 Maret 2023.

Menurut Jokowi, urgensi pemindahan Ibu Kota Negara karena 150 juta penduduk Indonesia selama ini terkonsentrasi di Pulau Jawa. Perputaran uang dan ekonomi Indonesia sebesar 58 persen berada di Pulau Jawa. Padahal, Indonesia memiliki banyak pulau-pulau lain dan tak hanya Pulau Jawa.

“Terus 17 ribu pulau yang lain dapat apa. Iya ndak? Oleh sebab itu, perlu yang namanya pemerataan bukan Jawa sentris tetapi Indonesia sentris,” kata dia.

Jomowi juga mengatakan gagasan pemindahan Ibu Kota Negara sudah lama dipikirkan oleh Presiden pertama RI Soekarno. Kala itu, Soekarno berkeinginan agar Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan pada tahun 1960. Jokowi menyayangkan gagasan itu kemudian tak terealisasi.

“Presiden berikutnya juga merancang ingin membangun ibu kota baru tidak terealisasi,” kata dia. IKN Nusantara berada di Provinsi Kalimantan Timur. Nusantara akan menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia.(mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *