by

Presiden Jokowi: Jangan Pamer Kekuasaan dan Kekayaan, Rakyat Kecewa

DEPOKRAYANEWS.COM– Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bicara soal kasus yang menimpa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait perilaku pegawai pajak dan bea cukai yang tengah viral.

Pertama, soal kasus penganiayaan dan pamer harta dan kekayaan yang dilakukan oleh Mario, anak pejabat eselon III Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo. Kedua, terkait pamer kemewahan di media sosial oleh Kepala Bea Cukai Jogja Eko Darmanto.

Presiden Jokowi membaca komentar dan kekecewaan yang disampaikan masyarakat di media sosial, sehingga tahu betul apa yang dirasakan oleh rakyat.

Menurut Jokowi, wajar rakyat kecewa dengan lembaga yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani itu, karena ASN seharusnya bertugas melayani dan memberikan kepercayaan terhadap pemerintah kepada publik, bukan malah pamer kekayaan dan kekuasaan.

“Kalau seperti itu ya, kalau menurut saya pantas rakyat kecewa karena pelayanannya dianggap tidak baik. Kemudian aparatnya, perilakunya jumawa dan pamer kuasa, kemudian pamer kekuatan, pamer kekayaan, hedonis,” kata Presiden dalam arahan Sidang Kabinet Paripurna, Kamis 2 Maret 2023.

“Saya tahu betul, mengikuti kekecewaan masyarakat terhadap aparat kita, aparat pemerintah dan hati-hati tidak hanya urusan pajak dan bea cukai, ada kepolisian dan juga aparat hukum lainnya, terhadap birokrasi yang lainnya,” tambah Jokowi.

Karena itu, Presiden Jokowi mengimbau tidak hanya untuk Sri Mulyani, tetapi juga menteri dan kepala lembaga lainnya agar berkaca pada kasus ini.

Ia berharap semua pimpinan kementerian/lembaga bisa mendisiplinkan bawahannya, membersihkan dan membenahi institusinya masing-masing agar tak terjadi masalah serupa.

“Sekali lagi saya ingin tekankan, supaya ditekankan kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di IG (Instagram), di media sosial, itu sebuah kalau aparat birokrasi sangat-sangat tidak pantas,” tegas Jokowi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *