by

Presiden Jokowi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI Hari Ini

DEPOKRAYANEWS>COM- Presiden Joko Widodo akan melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Ninin 19 Desember 2022, hari ini menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022

“Iya (Jokowi lantik Yudo),” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui pesan singkat, Minggu 18 Desember 2022.

Hanya saja Bey tak menyebut jam dan lokasi pelantikan. Menurut informasi yang dihimpun, pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI akan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 11.30 WIB.

Yudo merupakan calon tunggal Panglima TNI baru pilihan Jokowi. Ia telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar DPR RI pada pekan lalu.

Nama Yudo sebenarnya sudah muncul sebagai kandidat panglima saat Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun tahun lalu. Namun, Jokowi lebih memilih Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa saat itu.

Yudo adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Pada awal karier, Yudo bergabung dengan KRI YNS dengan menjabat Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal.

Setelah itu, Yudo memimpin sejumlah kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Pada 2018, ia dipercaya menjadi Panglima Komando Armada I (Pangkoarmabar) yang memimpin TNI AL di Indonesia bagian barat.

Tahun berikutnya, Yudo menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Ia memimpin sejumlah operasi penanganan Covid-19 saaat itu.

Setelah itu, Yudo dilantik menjadi KSAL menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Dia menjabat posisi tersebut sejak 2020 hingga saat ini. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *