by

Presiden Jokowi Marah, Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 278 Triliun

DEPOKAYANEWS.COm- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) segera merealisasikan anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD), mengingat masih ada Rp 278 triliun dana mengendap di bank.

Jokowi menyebut jumlah Rp 278 tersebut terlalu besar dibandingkan dana belanja daerah pada beberapa bulan menjelang akhir tahun sebelumnya.

“Tahun lalu biasanya di bulan-bulan seperti ini paling Rp 200 triliun. Pagi tadi kita cek uang yang ada di bank masih Rp 278 triliun,” kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi, Rabu 30 November 2022.

Jokowi mengaku heran pemerintah daerah tidak segera membelanjakan anggarannya, padahal pemerintah sedang gencar mencari investasi untuk masuk ke dalam negeri.

“Artinya kita pontang panting cari arus modal masuk lewat investasi tapi uang yang ada di kantong sendiri tidak diinvestasikan. Hati-hati ini keliru besar,” ujarnya.

Jokowi menyebut realisasi APBD saat ini baru mencapai 62 persen. Padahal realisasi anggaran yang cepat bisa memengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah.

Karena itu, Jokowi menugaskan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memeriksa setiap daerah untuk mengetahui penyebab lambatnya realisasi anggaran daerah.

“Situasi sangat sulit tapi malah uangnya didiamin di bank, tidak dibelanjakan. Ini saya minta segera dibelanjakan,” tegas Jokowi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed