by

Presiden Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Dirobohkan, Dibangun yang Baru

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo menyebut Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur akan dirobohkan buntut Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang.

Jokowi mengatakan pemerintah akan membangun ulang stadion tersebut dan rencana itu telah disampaikan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022.

Menurut Jokowi, Stadion Kanjuruhan yang baru akan menjadi contoh standar stadion yang baik. Keselamatan penonton dan pemain dalam stadion itu akan terjamin.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkap sejumlah pembicaraan dengan Gianni, terutama soal standar keamanan dalam stadion.

“Dengan manajemen stadion, utamanya yang berkaitan dengan fasilitas fasilitas di stadion, standarnya seperti apa. Yang kedua, juga yang berkaitan dengan manajemen keamanan, manajemen security, juga kita bicarakan secara detail,” ujarnya.

Seperti diberitakan, tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang penonton terjadi setelah pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada 1 Oktober.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut penembakan gas air mata memicu kericuhan di Kanjuruhan. Kepolisian pun telah menetapkan enam orang tersangka buntut tragedi itu. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *