by

Presiden Jokowi Usulkan Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Depokrayanews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya hanya mengusulkan satu nama calon Kapolri kepada DPR, pengganti Jenderal Idhan Azis yang segera memasuki masa pensiun, yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Usulan nama Kapolri ini tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR, Puan Maharani, di Senayan, Jakarta pada Rabu 13 Januari 2021 sekitar pukul 10.40 wib.

“Hari ini surpres telah kami terima dari presiden yg mana presiden menyampaikan usulan pejabat mendatang tunggal yaitu Listyo,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Menurut Puan, DPR akan langsung memproses surpres usulan nama calon Kapolri itu sesuai mekanisme yang berlaku.

“Proses pemberian persetujuan akan dilakukan sesuai mekanisme internal Rapim Bamus dan kami akan tugaskan komtig untuk fit and proper, hasilnya akan dibawa ke Rapur untuk dapat persetujuan. Proses ini akan ditempuh 20 hari terhitung hari ini Rabu 13 Januari,” kata Puan.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPR Dasco Ahmad yang menyambut kedatangan Pratikno. “Tentunya kalau surat sudah masuk, kita akan bahas sesuai dengan mekanisme yang berlaku di DPR,” kata dia sebelum Puan mengumumkan usulan Jokowi.

Seperti diberitakan, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Kompolnas mengusulkan lima nama jenderal bintang tiga alias berpangkat komisaris jenderal (komjen) ke Jokowi sebagai pengganti Idham.

Mereka yang diusulkan oleh Kompolnas adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Listyo Sigit Prabowo bakal terpilih sebagai calon Kapolri sudah diduga banyak pihak sebelumnya, karena Listyo bekas ajudan Presiden Jokowi. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed