by

Profil Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum BPP Hipmi 2022-2025, Pengusaha Bus dan Anggota DPRD

DEPOKRAYANEWS.COM- Akbar Himawan Buchari terpilih menjadi Ketua Umum HIPMI periode 2022-2025 setelah mengalahkan dua kandidat lain yakni Bagas Adhadirgha dan Anggawira pada Munas Hipmi XVII di Solo, Jawa Tengah, Rabu 23 November 2022. Akbar mendapat suara sebanyak 96, sedangkan Bagas mendapatkan suara 68 suara.

Padahal dalam pemungutan suara ronde pertama, Bagas lebih unggul dengan skor 71, Akbar 57 dan Anggawira dengan skor 41.

“Menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, sebagai Ketua Umum BPP Hipmi masa bakti 2022-2025,” kata Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua Umum HIPMI, Rabu 23 November 2022 malam.

Seperti apa sosok Akbar Himawan Buchari ?

Akbar Himawan Buchari adalah pengusaha bus. Dikutip dari akbarbuchari.com, Akbar Himawan Buchari lahir di Medan, Sumatera Utara pada 25 November 1988. Artinya, Akbar kini berusia 34 tahun.

Akbar Himawan Buchari dikenal sebagai sosok pengusaha muda dengan menjalankan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari transportasi, perhotelan, perkebunan kelapa sawit, properti hingga bidang konstruksi.

Ia menjadi pimpinan perusahaan otobus (PO) Kurnia dengan armada sekitar 250 unit bus. Bisnis lain yang dijalankan Akbar Himawan Buchari adalah Hotel Swissbell In Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan.

Pada 2014, Akbar Himawan Buchari pernah menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumatera Utara.

Ia terpilih dalam Musda XV HIPMI Sumatera Utara yang digelar di Grand Aston Hotel Medan pada 26 September 2014.

Saat ini, Akbar Himawan Buchari menjabat sebagai sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI.

Selain sebagai pengusaha, Akbar Himawan Buchari juga dikenal sebagai politisi. Ia memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya.

Akbar Himawan Buchari kini duduk sebagai anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.

Saat Pileg 2019, Akbar Himawan Buchari mendapatkan suara sebanyak 14.159 yang mengantarnya lolos sebagai legislator daerah.

Selain itu, ia juga dipercaya sebagai Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara.

Akbar Himawan Buchari juga aktif sebagai Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara.

Akbar Himawan Buchari menikah dengan Ayu Akbar.Keduanya telah dikaruniai tiga anak, yaitu Aidan Akbar Buchari, Azzan Akbar Buchari, dan Alaïa Aisha Buchari.

Akbar Himawan Buchari merupakan lulusan S-1 Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) juru

Perjalanan usaha dan bisnis yang dijalankan Akbar Himawan Buchari tidak luput dari pikiran atau sosok ayahnya yang meninggal dalam kecelakaan pesawat Garuda Indonesia GA-152 di Desa Buah Nabar, Deli Serdang, Medan pada 1997.

“Mungkin kalau ayah masih hidup, saya sekarang baru lulus S2 dan baru belajar bisnis.”

“Tapi, kenyataannya tidak seperti itu. Saya harus menjalankan bisnis ketika usia masih kecil,” kata

Dengan berkat asam garam kehidupan, bisnis dan usahanya bisa melejit sampai saat ini.Asam garam kehidupan itu, seperti tantangan dan rintangan yang pernah dihadapinya saat menjalankan bisni

Pada saat menjalani bisnis, ada beberapa rintangan dan ujian yang menerpanya.Diantaranya konflik antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan TNI, dapat intimidasi dari sejumlah oknum yang mengakibatkan 20 bus dibakar dan kejadian tsunami menghantam Aceh, sekitar 50 bus terkena dampaknya.

Meski terkena rintangan, Akbar Himawan Buchari tetap berjibaku keras untuk melaluinya, agar bisa menjadi pengusaha yang kuat dalam segala tantangan. (red/ant/kps)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed