by

Profil Dhony Rahajoe, Bos Sinar Mas Land Dipilih Jokowi Jadi Wakil Kepala Otorita IKN

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hari ini, Kamis 10 Maret 2022 sore ini. Jokowi juga akan melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

Pelantikan akan dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Acara pelantikan dimulai pukul 15.00 WIB.

“Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono, sementara Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Kepala Sekeretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, Kamis 10 Maret 2022.

Pelantikan akan digelar secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Setpres akan menayangkan pelantikan secara langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Pelantikan Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara merupakan bagian dari persiapan pemindahan ibu kota negara. Hal ini dilakukan setelah pemerintah dan DPR menyepakati Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Bambang dan Dhony akan memimpin persiapan pembangunan dan pemindahan ibu kota negara. Setelah pemindahan dilakukan, keduanya akan memimpin pemerintahan daerah di ibu kota baru.

Bambang merupakan ahli tata kota dan transportasi. Ia menempuh S2 di University of California jurusan tata kota dan teknik transportasi. Dia juga lulus dari program doktoral perencanaan infrastruktur University of California.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada 2007-2010, Bambang juga dipercaya menjabat Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah.

Sementara itu, Dhony Rahajoe merupakan Managing Director of President Office of Sinar Mas Land. Dia pernah terlibat dalam proses perumusan pemindahan ibu kota.

Dhony menjadi perwakilan Sinarmas Land saat mendampingi perwakilan pemerintah dalam studi banding persiapan pembangunan ibu kota negara. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa pernah belajar tata kota di BSD City pada 7 Oktober 2021.

Sementara Dhony Rahajoe seperti dilansir dari Detikcom menyatakan jika memang ia dipercaya menjadi Wakil Kepala IKN akan menjadi kehormatan baginya dan keluarga.

Lantas siapa Dhony Rahajoe ?

Dhony Rahajoe merupakan petinggi perusahaan Sinar Mas Land. Merujuk situs Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land. Dhonny merupakan alumni Teknik Arsitektur ITB angkatan 1984.

Dhonny juga tercatat sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), yayasan milik Sinar Mas Land yang menggagas perguruan tinggi ITSB.

Jokowi mungkin telah memberikan sinyal akan memilih Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otoritas IKN Nusantara. Sinyal itu setidaknya ditunjukkan Jokowi saat berkunjung ke Kawasan Green Office Park, BSD City yang dikelola Sinar Mas Land pada Jumat 24 Desember 2021 lalu.

Ketika itu, Jokowi didampingi Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Jokowi melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta, sekaligus terkait dengan rencana pembangunan IKN Nusantara. Dhony sempat menjelaskan kepada rombongan Jokowi tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. Selamat bekerja Mas Dhony. (red/mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed