by

Profil Febri Diansyah, Mantan Jubir KPK Jadi Kuasa Hukum Istri Ferdy Sambo

DEPOKRAYANEWS.COM- Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi, tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir Joshua.

Selain Febri, eks pegawai KPK Rasamala Aritonang akan mendampingi Ferdy Sambo yang juga tersangka dalam kasus tersebut.

“Saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif,” ujar Febri kepada wartawan, Rabu 28 September 2022.

Seperti diketahui, Febri merupakan aktivis antikorupsi. Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat ini adalah lulusan fakultas hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kiprahnya sebagai aktivis antikorupsi mencuat sejak bekerja di LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW). Saat di ICW, Febri bergerak di program monitoring hukum dan peradilan yang fokus mengawasi proses peradilan kasus korupsi di Indonesia.

Ia pernah menerima penghargaan Charta Politika Awards untuk kategori aktivis/pengamat paling berpengaruh pada 2011.

Febri dinilai aktif dalam isu-isu korupsi yang menyita perhatian publik seperti Wisma Atlet dan beberapa isu pemberantasan korupsi lainnya.

Febri saat itu mengungguli sejumlah nama seperti aktivis ICW lainnya, Emerson Yunto hingga Direktur Pukat UGM Zainal Arifin Muchtar.

Setelah dari ICW, Febri bergabung di KPK melalui program Indonesia Memanggil. Ia sempat menjadi pegawai fungsional di bagian Direktorat Gratifikasi.

Ketika KPK diketuai oleh Agus Rahardjo pada 2016, ia dilantik menjadi Juru Bicara sekaligus Kepala Biro Humas KPK.

Ketika itu, Febri kian rutin berhadapan dengan media untuk memberi informasi penanganan kasus besar seperti perkembangan penanganan kasus korupsi proyek KTP-elektronik.

Posisi Juru Bicara dilepas Febri ketika pimpinan Firli Bahuri Cs masuk ke lembaga antirasuah. Dalam surat pengunduran dirinya tertanggal 18 September 2020, ia mengungkap alasan pamit karena situasi politik dan hukum yang telah berubah.

Usai keluar, ia menyatakan keinginan membentuk kantor hukum publik. Pada Oktober 2021, ia lalu membentuk Kantor Hukum Visi Law Office bersama rekannya di ICW Donal Fariz. Rasamala, belakangan bergabung dengan kantor hukum itu. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *