by

Profil Herik Yosiswardinata, Calon Ketua BPC Hipmi Kota Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Depok akan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) VI di Hotel Bumi Wiyata, Selasa 27 September 2022 mendatang.

Dari sejumlah bakal calon yang muncul, hanya satu orang yang lolos verifikasi dan validasi sesuai persyaratan yang ditetapkan panitia yaitu Herik Yosiswardinata.

Seperti apa sosok Herik Yosiswardinata ? Depokrayanews.com menurunkan profil lengkap pengusaha muda itu:

Nama : Herik Yosiswardinata
Daerah asal : Bukittinggi, Sumatera Barat
Tanggal lahir : 27 Februari 1986
Jabatan : Bendahara BPC Hipmi Kota Depok

Namanya Herik, tapi biasa disapa Erik. Laki-laki dengan perawakan tinggi itu kini mengelola bisnis di berbagai bidang, termasuk optik di sejumlah wilayah.

Herik adalah cucu dari Hamzah St. Rumah Panjang (Gaek Mok), seorang tokoh ternama di Sumatera, pendiri sekolah Ukur Matur (suma) pertama di Sumatera Barat. Sekolah yang mengajarkan soal pengukuran/pertanaha itu berdiri sejak zaman kolonial Belanda Pada tahun 1938.

Meski terlahir dari orang tua yang sukses sebagai kontraktor, tapi Herik sejak kecil sudah terbiasa mandiri. Semasa kecil Herik suka membantu petani saat panen, hanya untuk sekedar mendapatkan uang jajan.

Herik memulai bisnis dari bawah. Pada tahun 2004, dia berjualan topi di pasar malam di Jakarta. Meskipun harus berpindah-pindah tempat berjualan, Herik tak pernah lelah untuk terus belajar berbisnis.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada Tahun 2007, Herik membuka toko kacamata di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok. Dalam waktu 3 tahun, Herik berhasil mengembangkan bisnisnya dengan membuka 14 cabang toko kacamata. Omsetnya melonjak tajam mencapai di atas 10 milir.

”Bisnis optik ini ranah yang tidak mudah,” kata Herik. Namun demikian, Herik tidak pernah putus asa. Dia selalu melakukan inovasi dan mencari peluang baru yang lebih baik. Pada 8 Febuari 2016, Herik membuka usaha distributor peralatan optik terbesar di Depok.

”Bulan April, kami louncing GoMAX di Mall Depok Town Square (Detos). Sebelum pandemi tahun 2018, kami membuka 9 cabang EZIA OPTICAL,” kata dia.

Bisnis tidak selamanya berjalan bagus sesuai harapan. Kadang ada saatnya menurun. Kondisi itu juga pernah dialami Herik. Bisnisnya sempat goyang, karena salah pola manajemen. Namun kondisi itu tidak menyurutkan semangat untuk terus berusaha sehingga bisnisnya terus tumbuh seperti sekarang.

Selain piawai berbisnis, Herik juga aktif di berbagai organisasi. Herik Kini masih menjadi Sekertaris Umum Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN) Kota Depok tahun 2018-2023.

Selain itu, Herik juga dipercaya sebagai Bendahara Umum BPC HIPMI Kota Depok dari 2018 sampai dengan saat ini. Dia juga menjabat Ketua Bidang OKK di BPD HIPMI Jawa Barat dan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI).

Herik juga aktif dalam kegiatan sosial di Mata Harapan dengan membagikan kacamata secara gratis kepada warga di pelosok nusantara sejak 2019.

Bila terpilih sebagai Ketua BPC Hipmi Kota Depok, Herik ingin membangun kembali sinergitas antar anggota Hipmi Depok, antara BPC Hipmi Jawa Barat dan pemerintah sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan potensi ekonomi baru di Kota Depok. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *