by

Profil Kamala Harris yang Digadang Gantikan Biden di Pilpres AS


Depokrayanews.com-
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris digadang-gadang bakal menggantikan Joe Biden sebagai kandidat calon presiden dari Partai Demokrat di Pilpres 2024. Apalagi setelah Joe Biden menyatakan secara resmi pengunduran dirinya sebagai Calon Presiden pada Pilpres AS November 2024 mendatang.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya yang mengejutkan pada Minggu 21 Juli 2024 lalu, Biden secara tegas menyatakan dukungannya kepada Kamala Harris untuk menggantikannya melawan Donald Trump dari Partai Republik pada Pilpres AS 5 November nanti.

“Saya akan melakukan segala daya saya untuk menyatukan Partai Demokrat-dan mempersatukan bangsa kita-untuk mengalahkan Donald Trump dan agenda ekstrem Proyek 2025 miliknya,” tegas Harris.

Kamala Harris menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Joe Biden sejak 20 Oktober 2021.

Mengutip situs resmi White House, Kamala Harris merupakan wapres perempuan sekaligus keturunan kulit hitam pertama sepanjang sejarah AS.

Kamala Harris memulai karirnya pada 1990, saat ia bergabung Kantor Kejaksaan Alameda County. Ia memiliki spesialisasi dalam penuntutan kasus kekerasan seksual terhadap anak.

Lalu pada 2004, Harris, yang merupakan lulusan sarjana ilmu politik dan ekonomi dan master ilmu hukum itu diangkat menjadi Jaksa negara bagian San Fransisco.

Karir hukum Harris terus merangkak hingga kemudian pada 2010 ia terpilih menjadi Jaksa Agung California.

Lalu pada 2017, Harris pun dilantik menjadi anggota Senat. Selama menjabat sebagai anggota senat ia konsisten memperjuangkan UU memerangi kelaparan, keringanan biaya sewa rumah, peningkatan layanan kesehatan ibu, hingga merevitalisasi infrastruktur publik.

Posisi-posisi itulah yang kemudian mengantarkan Kamala Harris menjadi wakil presiden hasil Pilpres 2020 lalu mendampingi Joe Biden.

Duet Joe Biden-Kamala Harris itu berhasil mengalahkan rivalnya, Donald Trump-Mike Pence baik pada electoral vote maupun popular vote.

Kamala Harris menikah dengan suaminya yang merupakan pengacara sekaligus duda, Douglas Emhoff. Kedua anak tirinya, Cole dan Ella, memanggil dia “Momala”. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *