by

Profil Kombes Pol Budhi Herdi Susanto, Kapolres Metro Jakarta Selatan yang Dinonaktifkan Kapolri

DEPOKRAYANEWS.COM- Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, akhirnya menonaktifkan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susanto.

Keputusan Kapolri itu sekaligus menjawab pertanyaan publik yang sejak awal curiga Kombes Budhi Herdi Susanto merekayasa cerita terkait tewasnya ajudan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdi Sambo, Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) terkait kasus polisi tembak polisi.

Kecurigaan itu juga disamoaikan Koordinator tim kuasa hukum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. Menurut dia, selain merekayasa cerita kematian Brigadir J, Kamarudiin menilai Kombes Pol Budhi Herdi Susanto tidak bekerja sesuai dengan prosedur terkait kasus yang menyita perhatian publik ini.

Lalu siapakah Kombes Pol Budhi Herdi Susianto ini? Berikut profilnya.

Kombes Pol Budhi Herdi Susanto merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1996. Dia merupakan pria kelahiran 16 Desember 1974 dan telah menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan sejak 17 Desember 2021.

:Sebelum menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan, ia pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara pada tahun 2019.

Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Kapolres di beberapa wilayah seperti di Kediri pada tahun 2013 dan Mojokerto setahun berselang.

Budhi juga sempat menjadi salah satu penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2005.

Karirnya di dunia kepolisian dimulai pada tahun 1997 ketika menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Ainaro di Timor-Timur pada tahun 1997.

Belum lama ini, Budhi menangani langsung kasus promo minuman beralkohol gratis bagi pengunjung yang bernama Muhammad dan Maria yang dilakukan oleh Holywings. Pada kasus ini, dia mengumumkan motif dari enam tersangka dalam kasus ini yaitu untuk menarik pelanggan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed