by

Profil PM Inggris Rishi Sunak, Kekayaannya 2 Kali Lipat Raja Charles III

DEPOKRAYANEWS.COM- Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak dan sang istri, Akshata Murty disebut memiliki kekayaan mencapai 730 juta pound sterling atau Rp 12,9 triliun.

Angka itu ditaksir dua kali lipat kekayaan Raja Charles III dan Camilla senilai 300 juta hingga 350 juta poundsterling (Rp6,1 triliun).

Dilansir dari Business Insider India, Sunak dan Murty memiliki empat properti yang tersebar di seluruh dunia dan bernilai lebih dari 15 juta pound sterling (Rp 265 miliar).

Sunak merupakan anak seorang dokter. Ia mengenyam pendidikan di Winchester College dengan biaya 43.335 pound per tahun. Sunak juga kerap memberikan sumbangan ke sekolah tempat dia menuntut ilmu.

Sementara Murty adalah putri miliarder India NR Narayana Murthy yang kerap disebut sebagai Bill Gates of India. Julukan itu tersemat pada ayah Murthi karena dia mendirikan perusahaan perangkat lunak Infosys seperti halnya Bill Gates.

Menurut laporan, Murty memiliki 0,91 persen saham atau senilai 700 juta pounds di perusahaan tersebut.

Pada April 2022 lalu, terungkap bahwa Murty adalah warga Inggris yang tidak berdomisili. Dengan demikian, dia menghindari pajak Inggris atas penghasilan internasionalnya dengan imbalan membayar biaya tahunan sebesar 30.000 pound.

Tanpa status itu, Murty bisa membayar pajak kepada pemerintah Inggris lebih dari 20 juta pound sterling (Rp353 miliar). Namun, karena dia menyandang status tidak berdomisili maka dia tidak diwajibkan membayar pajak tersebut.

Hal itu pun mengundang protes dari publik. Kemudian, Juru bicara Murty menegaskan bahwa dia akan mulai membayar pajak Inggris atas penghasilannya di luar negeri untuk mengurangi tekanan politik pada suaminya. (red/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed