by

Profil Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryantha, Dosen ITB yang Terpilih Jadi Rektor Itera

DEPOKRAYANEWS.COm- Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryantha, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam pemilihan rektor Itera periode 2022-2026, yang berlangsung di Gedung A Itera, Lampung Selatan
pada Kamis 9 Juni 2022.

I Nyoman Pugeg menyisihkan dua kandidat lainnya yakni Acep Purqon, dan Imam Achmad Sadisun, yang sama-sama dosen ITB.

Acara pemilihan dihadiri seluruh (10 orang) anggota senat Itera. Hadir juga Kuasa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Plt Kepala Biro Sumber Daya Manusia Sekjen Kemdikbud Ristek Dyah Ismayanti.

Rapat senat dimulai pukul 10.00 wib, tiga kandidat hadir mendapatkan penjelasan mekanisme pemilihan rektor. Sekitar pukul 11.30 wib Ketua Senat Itera Prof Sukrasno menyampaikan rapat tertutup berjalan lancar.

“Alhamdulilah sangat lancar, 100 persen anggota senat hadir, dan hadir kuasa menteri dengan membawa 35 persen suara menteri,” ujar Prof Sukrasno dalam keterangan persnya, Kamis 9 Juni 2022.

Karena ada satu calon yang juga merupakan anggota senat Itera maka mekanisme dilakukan dengan pemungutan suara. Dari hasil pemungutan suara, ketua senat mengumumkan terpilih sebagai rektor I Nyoman Pugeg Aryanta. Senat dan panitia pemilihan rektor selanjutnya akan menunggu jadwal dari Kemendikbud Ristek terkait agenda penetapan dan pelantikan calon rektor terpilih.

Prof Dr I Nyoman P Aryantha, kelahiran Denpasar, Bali, 57 tahun lalu, dikenal sebagai dosen ITB. Riwayat pendidikannya dimulai dari Sarjana di ITB tahun 1988, kemudian melanjutkan The Ohio State University, USA tahun 1991, dan The University of Melbourne, Australia tahun 1998. Saat ini, I Nyoman P Aryantha menjabat Ketua Prodi Magister Dokter Biologi ITB, sebelumnya, Dekan SITH ITB, Ketua HKI ITB, dan Kepala Pusat Ilmu Hayati ITB.

Rektor Itera Prof Mitra Djamal mengapresiasi senat dan panitia pemilihan rektor yang telah menyelenggarakan pemilihan rektor dengan lancar. “Semoga hasil pemilihan rektor Itera menjadi awal yang baik untuk kemajuan Itera,” katanya.

Mitra Djamal menyampaikan rektor terpilih dapat melanjutkan beberapa fokus program ke depan. Di antaranya, peningkatan kualitas mutu akademik yang dapat dinilai dari akreditasi, memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, dan pembinaan program studi baru yang menjadi kekhasan Itera, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. (ant/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed