by

Program Donasi Sebagai Bentuk Kepedulian Klinik Mata SMEC Kepada Warga Kota Depok

DEPOKRAYANEWS.COM– Program Donasi merupakan salah satu strategi BPJS Kesehatan dalam memenuhi capaian kepesertaan. Program ini melibatkan partisipasi dari pihak lain baik perseorangan, Badan Usaha (BU), dan lembaga lain yang juga menjadi bentuk kepedulian dari masing-masing pihak terhadap warga atau masyarakat sekitar.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Depok dr. Elisa Adam baru saja melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak Sumatera Cahaya Mandiri, PT (KURI Spesialis Mata SMEC Depok) atau lebih dikenal dengan nama Klinik Mata SMEC Depok untuk melaksanakan program donasi bagi warga yang berdomisili di Kota Depok.

“Hal ini tidak lepas dari hasil usaha seluruh tim Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta (P4) yang dipimpin oleh Ibu Yeppi Bandarini selaku kepala bidang,” kata Elisa.

Menurut informasi dari bidang terkait, selama ini untuk bisa goal program donasi ke BU dilakukan pendekatan terus kepada BU oleh masing-masing relationship officer. ”Tentunya pendekatan dilakukan secara aktif, salah satunya dengan menjaga komunikasi yang baik dengan PIC (person in charge) dari Sumatera Cahaya Mandiri, PT (KURI Spesialis Mata SMEC Depok),” kata Elisa.

Menurut Elisa, pihak Sumatera Cahaya Mandiri, PT (KURI Spesialis Mata SMEC Depok) bersedia memberikan donasinya untuk mendaftarkan total 100 peserta dengan tanggungan kelas tiga di Program JKN dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kolektif.

Untuk tetap memperhatikan efisiensi dan efektifitas pemberian donasi ini, pihak BPJS Kesehatan melakukan seleksi sesuai dengan kategori yang diinginkan yaitu merupakan warga yang tidak mampu dan belum terdaftar di Program JKN. Tim Bidang P4 kemudian melakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu ke kelurahan setempat untuk memastikan program donasi ini tepat sasaran.

“Program Donasi ini disepakati berlangsung sesuai PKS yaitu selama satu tahun. Namun kami berharap PKS ini dapat terus diperpanjang kedepannya mengingat pentingnya peran BU untuk turut mensukseskan Program JKN. Kami harap tidak hanya Sumatera Cahaya Mandiri, PT (KURI Spesialis Mata SMEC Depok) yang ikut dalam program donasi. Langkah awal ini diharapkan dapat membuka kesadaran BU lainnya dalam menyalurkan bantuannya melalui Program Donasi di BPJS Kesehatan,” kata Elisa.

Hingga saat ini, di BPJS Kesehatan Cabang Depok, sudah ada kurang lebih tiga BU yang akan melakukan donasi, dua diantaranya sudah tandatangan PKS. Sisanya akan dilakukan Bulan September.

Hendrik Rahmana selaku Kepala Cabang Sumatera Cahaya Mandiri, PT (KURI Spesialis Mata SMEC Depok) menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. Menurutnya program donasi ini merupakan wadah baru untuk pelaku usaha menyalurkan dana Corporate Social Resposibility (CSR). Sekaligus menjadi pilihan tepat untuk menunjukkan bentuk kepedulian kita terhadap sesama.

“Tentunya pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Cabang Depok khususnya Relationship Officer (RO) kami yaitu Dimas Nugraha Riyadi karena beliau selama ini dengan aktif memperkenalkan Program Donasi kepada kami. Sejauh ini pelayanan beliau sangat baik dan kooperatif kepada kami,” kata Hendrik. (HT/se)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed