by

Program JKN-KIS Tanggung Operasi Agung

Agung Indra Cahya, peserta BPJS Kesehatan.

Depokrayanews.com- Sejak Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) diluncurkan pada tahun 2014 lalu, telah banyak masyarakat yang terbantu untuk dapat berobat dengan baik.

Hal ini tampak dari tingginya angka kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan sejak hadirnya Program JKN-KIS. Seperti yang dirasakan oleh Ing Agung Indra Cahya ketika harus menjalani pengobatan karena mengalami kecelakaan.

Agung pun dengan senang hati berbagi kisahnya berobat dengan menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS miliknya. Agung mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 lalu, ia mengalami kecelakaan yang cukup parah. Bahkan membuat ia harus menjalani operasi. Menurutnya, pada saat itu ia terbantu oleh Program JKN-KIS.

“Kondisi saya cukup parah. Dokter mengatakan kepada keluarga saya bahwa saya harus segera dioperasi. Beruntung saya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, sehingga bisa segera ditangani oleh dokter. Karena kalau harus operasi, pasti biayanya sangat mahal dan kami tidak punya banyak biaya. Bahkan kami mungkin harus mencari pinjaman,” ujar Agung.

Menurut Agung, pengobatannya saat itu berjalan dengan lancar. Bahkan saat ia tiba di rumah sakit, ia langsung ditangani oleh dokter. Menurutnya, tidak ada kendala yang ia temui saat menjalani pengobatan. Bahkan dokter dan perawat selalu mengecek kondisinya. Hingga akhirnya ia bisa cepat sembuh.

“Pengobatannya lancar dan saya dilayani dengan baik. Tapi saya tidak membayar biaya pengobatan sama sekali. Semuanya sudah dijamin karena saya berobat pakai kartu JKN-KIS. Saya sangat senang. Apalagi saya tahu kalau tanpa Program JKN-KIS, pasti kami sudah kesulitan mencari dana untuk biaya pengobatan,” kata Agung.

Agung pun berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan. Menurutnya, program tersebut sangat membantu masyarakat seperti yang ia telah rasakan sendiri. Ia juga berharap agar fasilitas di rumah sakit terus ditingkatkan untuk mengakomodir kebutuhan pasien JKN. Sehingga pelayanan yang diberikan semakin optimal.

Agung mengajak kepada peserta JKN-KIS lainnya untuk rutin dan tepat waktu dalam membayar iuran. Sehingga Program JKN-KIS tetap dapat berjalan dengan baik. Jadi manfaat program tersebut dapat terus dirasakan oleh masyarakat. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *