by

Program REHAB Memberi Harapan Baru Bagi Banyak Peserta Menunggak

Program ini sangat membantu banyak warga terutama yang tidak mampu untuk melunasi tunggakan sekaligus.

DEPOKRAYANEWS.COM– Kehadiran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) ditengah kesulitan yang dialami Eka Sanjaya (32) dan keluarga merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Sejak memiliki penghasilan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, Eka berharap bisa segera melunasi tunggakannya pada Program JKN. Sebagai rasa syukurnya dia bermaksud melunasi tunggakan iuran yang merupakan salah satu tanggung jawab yang perlu diselesaikan. Namun dengan nominal yang cukup besar, Eka membutuhkan pembayaran yang bertahap mengingat kebutuhan sehari-hari juga perlu dipenuhi dengan baik.

Pengalaman istrinya melahirkan kedua anaknya dengan bantuan Program JKN membuatnya semakin sadar akan pentingnya program ini.

Istrinya melahirkan anak pertama di Klinik Bahar Medika sedangkan anak kedua lahir di Klinik Rafika. Meskipun, melahirkan di klinik yang berbeda namun kedua klinik tersebut memberikan pelayanan yang baik dan tidak ada iur biaya sama sekali.

Menurut Eka, dia punya pengalaman lain yang menurutnya menjadi bagian dari kesadaran mereka akan pentingnya Program JKN. Beberapa waktu lalu adik iparnya menjalani operasi besar dengan menggunakan Kartu JKN di salah satu rumah sakit. Pada saat itu, adik iparnya juga tidak ada iur biaya sama sekali.

“Kami berharap bisa segera melunaskan tunggakan ini dan bisa segera membayar rutin secara tertib, karena dari beberapa kejadian yang kami alami membuat kami sadar betul akan pentingnya Program JKN,” kata dia.

Hadirnya Program REHAB, kata Eka, juga sangat memudahkan bagi yang ingin melunaskan tunggakan, daftarnya pun mudah hanya melalui Aplikasi Mobile JKN. ”Sekarang serba online begini sangat memudahkan kami. Dulu kami sering bolak balik ke BPJS Kesehatan Depok untuk mengurus pendaftaran dan perubahan data. Begitu ada Aplikasi Mobile JKN semua terasa mudah, bisa cek data, ubah klinik dan mendapat informasi baru termasuk Program REHAB,” kata Eka.

Eka mengatakan sudah lama dia ingin melunasi tunggakan. Bahkan pada tahun 2020 lalu, Eka sempat ikut Program Relaksasi, namun karena ponselnya sempat rusak sehingga terlambat bayar dan tidak bisa mengikuti lagi. Dari situ Eka dan istri rajin menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 menanyakan terkait program cicil lain yang ditawarkan.

Hingga pada bulan Januari 2022 ketika Program REHAB hadir mereka langsung tahu dari BPJS Kesehatan Care Center 165. Pada akhir perbincangan, Eka dan keluarga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Program REHAB. Menurutnya program ini sangat membantu banyak warga terutama yang tidak mampu untuk melunasi tunggakan sejakigus. Tapi memiliki keinginan untuk melunasi dengan mencicil atau melakukan pembayaran secara bertahap. (HT/se)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *