by

Program Wirausaha OK OCE Tidak Capai Target

Sandiaga Uno dengan program OK OCE nya.
Sandiaga Uno dengan program OK OCE nya.

DepokRayanews.com- Target wirausaha program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) di Jakarta tahun 2018 tidak mencapai target.

Dari target 40.000 wirausaha baru, hanya 16.734 peserta OK OCE yang mendapatkan izin usaha mikro kecil (IUMK) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta.

Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi mengatakan, salah satu alasan tidak tercapainya target karena kurangnya keterlibatan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta yang memberikan pelatihan kepada para peserta.

“Di tahun pertama (2018) itu memang kami kurang melibatkan dinas-dinas. Yang paling besar (keterlibatannya) hanya Dinas UMKM,” kata Iim, Senin (18/3/2019).

Menurut Iim, jumlah warga yang mendaftar sebagai peserta OK OCE pada 2018 mencapai 65.000 orang. Dari jumlah itu, hanya 53.000 orang yang mengikuti pelatihan.

Dari peserta yang ikut pelatihan, hanya 16.734 orang yang mengantongi IUMK sebagai indikator lahirnya wirausaha baru dari OK OCE.

Banyak di antara peserta yang ikut pelatihan tidak bisa mengantongi IUMK karena berwirausaha di jalur hijau.
IUMK bisa terbit jika membuka usaha di lokasi yang diizinkan.

Selain itu, ada pula peserta OK OCE yang mengikuti pelatihan tetapi belum mengajukan IUMK ke Dinas PMPTSP DKI Jakarta. Alasannya, mereka tetap bisa berwirausaha tanpa IUMK.

Untuk mengejar target 200.000 wirausaha baru di Jakarta yang lahir dari OK OCE selama lima tahun, kata Iim, pihaknya akan memaksimalkan keterlibatan tujuh SKPD DKI Jakarta untuk melakukan pelatihan.

Tujuh SKPD itu yakni Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, serta Perdagangan; Dinas Perindustrian dan Energi; Dinas Sosial; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian; dan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk.

Seperti diketahui OK OCE merupakan program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno untuk menelurkan wirausahawan baru.

Program ini ditargetkan menciptakan 200.000 wirausaha baru dalam waktu lima tahun menjabat. Itu berarti, tiap tahun harus ada 40.000 wirausaha baru yang ditelurkan dari program pelatihan kewirausahaan OK OCE.(mad/pkn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *