Proyek Pesawat R80 Habibie Dicoret dari Program Strategis Jokowi

Sebarkan :

 

Pesawat BJ Habibie

Depokrayanews.com- Pesawat rancangan BJ Habibie (almarhum) dicoret dari Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Padahal sebelum meninggal, Habibie mewariskan rancangan pesawat jenis turbo prop itu kepada Presiden Joko Widodo.

Pesawat ini dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) bersama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sejak tahun 2013. Pada tahun 2017, pesawat R80 sempat dimasukkan dalam daftar PSN, namun saat ini telah ditarik kembali karena adanya proyek-proyek baru yang masuk dalam daftar PSN 2020-2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ada 245 proyek usulan baru yang masuk dalam daftar PSN. Dari jumlah itu, hanya 89 proyek yang diterima. Nilainya pun tidak main-main, yakni sebesar Rp 1.422 triliun.

Akibat adanya proyek-proyek baru ini, sejumlah proyek lama terpaksa ditarik dari daftar PSN, termasuk pesawat R80, dan pengembangan pesawat N245. Sebagai gantinya, pemerintah mengembangkan tiga proyek drone yang juga milik PTDI.

“Tiga proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245. Sehingga dialihkan menjadi teknologi drone yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PTDI,” kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Jumat 29 Mei 2020 lalu. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Begini Cara Mengecek Penerimaan Dana BLT dari Kemensos

Depokrayanews.com- Pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai atau BLT senilai Rp 500 ribu per penerima ...