by

PT Kereta Api Mengalami Kerugian Rp 693 Miliar

Dirut PT KAI Edi Sukmoro

Depokrayanews.com- Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mengalami penurunan sering dengan penurunan jumlah penumpang yang signifikan. Akibatnya, kerugian kas operasional pada Maret 2020 bisa mencapai Rp 693 miliar.

“Pendapatan penumpang ini kalau kita bandingkan dari Februari 2020 perhari bisa Rp 39 miliar tapi tanggal 3 Maret 2020 jadi Rp 4 miliar,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam rapat dengar pendapat secara virtual bersama Komisi VI DPR, Rabu 29 April 2020.

Menurut Edi, penurunan penumpang semakin jauh setelah pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Hanya saja penurunan penumpang karena aturan tersebut baru mulai terjadi pada April 2020.

“Secara kasar sebenarnya dimulai kalau akhir pandemi ini di bulan Juni maka kita sudah rugi di laba rugi tahun berjalannya. Di bulan Agustus lebih besar meruginya dan Desember 2020 lebih besar,” kata Edi. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed