by

Pungli di Tubuh Polri: Satlantas dan Polda Metro Jaya Paling Banyak

Polri
Polri

Depokrayanews.com- Pungutan liar (pungli) di tubuh kepolisian sepanjang Juli-Oktober 2016 tercatat 235 kasus. Sebanyak 160 kasus diantaranya terjadi di Satuan lalu lintas.

Kabag Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan pemberantas pungli di Polri sudah dilakukan sebelum OTT alias operasi tangkap tangan di Kemenhub.

“Sejak 17 Juli sampai 17 Oktober 2016 itu ada 235 kasus yang kita tangani terkait pungli yang dilakukan personel Polri,” kata Martinus, Selasa (18/10).

Dari jumlah itu, paling banyak terjadi di unit lalu lintas yaitu 160 kasus. Kemudian di unit Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) 39 kasus, unit reserse kriminal 26 kasus dan unit intelijen 10 kasus.

“Fungsi intel terkait dengan beberapa perizinan yang diberikan oleh satuan fungsi intelijen terhadap kegiatan masyarakat,” kata Martinus.

Sementara di tingkat Polda, pungli terbanyak terjadi di Polda Metro Jaya dengan 33 kasus, Polda Jawa Barat 19 kasus, Polda Sumatera Utara 19 kasus, Polda Jawa Tengah 14 kasus, dan Polda Lampung 13 kasus.

“Dari 235 kasus ini, itu semua dilakukan dengan tertangkap tangan dan kita identifikasikan jadi pelanggaran disiplin ada 140 kasus, kode etik 83 kasus, pidana ada 12 kasus,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *