by

Puskesmas Sawangan Berusaha Tekan Angka Stunting

Depokrayanews.com- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sawangan terus berupaya menekan angka stunting di wilayah kerjanya. Salah satunya dengan validasi pengukuran tinggi badan anak dan memberikan pendampingan kepada anak yang stunting.

Saat ini kasus stunting di Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru mencapai 67 anak yakni 28 anak di Kelurahan Sawangan dan 39 anak di Kelurahan Sawangan Baru.

“Kami fokus melakukan pendataan anak dengan melakukan validasi pengukuran tinggi badan. Itu dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah anak yang terindikasi stunting,” kata Kepala Puskesmas Sawangan, Mukti Purnaningsih, Jumat 3 Desember 2021.

Mukti juga aktif melakukan koordinasi dengan lintas sektor seperti dengan pihak kelurahan, kader PKK, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan sekolah. Dari koordinasi itu kemudian dibuatkan program kegiatan yang mengangkat tema stuntig.

Pihak puskesma, kata Mukti juga memberikan edukasi anemia serta memberikan obat penambah darah kepada remaja sekolah agar terhindar dari stunting sejak dini.

“Kami juga memberikan edukasi kepada calon pengantin yang akan menikah agar melakukan hal yang bisa menghindari dari stunting. Seperti melakukan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *