by

Putra Mahkota UEA Jadi Ketua Dewan Pengarah Pembangunan Ibukota Baru di Kaltim

Presiden Jokowi bertemu Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed. (Setkab)

DepokRayanews.com- Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) bersedia menjadi Ketua Dewan Pengarah pembangunan ibu kota baru di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai mendampingi Presiden Joko Widodo bertemu dengan Putra Mahkota MBZ dan Masayoshi Son di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa, 14 Januari 2020.

“MBZ akan menjadi ketuanya dengan dua orang anggota, yaitu Masayoshi Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, di atasnya ada Presiden Joko Widodo yang akan menjadi penanggung jawab,” kata Luhut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

Putra Mahkota MBZ, kata Luhut, menilai penunjukan dirinya sebagai ketua dewan pengarah ibu kota baru merupakan sebuah penghargaan dapat berperan dalam pembangunan negara muslim terbesar di dunia. Luhut menyampaikan peran dewan pengarah akan memberikan arahan terhadap pembangunan ibu kota baru.

“Diharapkan dengan hadirnya mereka akan menambah keyakinan para investor untuk menanamkan modal mereka di ibu kota baru,” ucap Luhut.

Masayoshi Son adalah salah satu orang terkaya di Jepang, pendiri SoftBank dan Chief Executive Officer dari SoftBank Mobile. Sementara, Tony Blair adalah mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007 yang pernah bertugas sebagai utusan Timur Tengah untuk PBB, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia dengan salah satu tugas utamanya adalah menyelesaikan konflik Israel-Palestina. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *